Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Sekretaris Utama Hong Kong Dicopot

Ahad 10 Apr 2022 00:05 WIB

Red: Esthi Maharani

 Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam. Sekretaris Utama Wilayah Administratif Hong Kong (HKSAR) John Lee Ka-chiu dicopot dari jabatannya setelah Dewan Negara China menerima permohonan pengunduran dirinya untuk mencalonkan diri sebagai kepala eksekutif.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam. Sekretaris Utama Wilayah Administratif Hong Kong (HKSAR) John Lee Ka-chiu dicopot dari jabatannya setelah Dewan Negara China menerima permohonan pengunduran dirinya untuk mencalonkan diri sebagai kepala eksekutif.

Foto: EPA-EFE/JEROME FAVRE
John Lee sebut pengunduran dirinya untuk mencalonkan diri sebagai kepala eksekutif

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sekretaris Utama Wilayah Administratif Hong Kong (HKSAR) John Lee Ka-chiu dicopot dari jabatannya setelah Dewan Negara China menerima permohonan pengunduran dirinya. Keputusan pemerintah pusat China pada Jumat (8/5/2022) itu diambil atas rekomendasi Kepala Eksekutif HSAR Carrie Lam sehari sebelumnya.

Dalam konferensi pers di Hong Kong pada Rabu (6/4/2022), Lee menyatakan pengunduran diri dari jabatannya untuk mencalonkan diri sebagai kepala eksekutif pada pemilu 8 Mei mendatang. Pengunduran Lee sudah sesuai dengan Undang-Undang Dasar tentang, demikian Kantor Dewan Negara China urusan Hong Kong dan Makau di berbagai media China daratan dan Hong Kong.

Lee menyampaikan terima kasih kepada anggota Dewan Legislatif (LegCo), pejabat pemerintahan, lembaga, dan organisasi setempat yang bekerja sama dengannya. Politikus berusia 64 tahun itu juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Hong Kong yang memberinya kesempatan mengabdi hingga lebih dari 40 tahun.

Sementara itu pada Senin (4/4/2022) pagi, Carrie mengumumkan tidak mencalonkan diri untuk jabatan periode lima tahun keduanya pada pemilu mendatang. Lee diangkat sebagai sekretaris utama HKSAR pada Juni 2021. Jabatan sekretaris utama merupakan ranking kedua di bawah kepala eksekutif. Jika kepala eksekutif berhalangan, maka sekretaris utamalah yang menjalankan roda pemerintahan HKSAR.

Lee mengawali kariernya sebagai polisi. Pada 2017 hingga 2021, Lee menjabat kepala angkatan kepolisian setempat. Pengangkatan Lee sebagai sekretaris utama itu tidak terlepas dari perannya dalam menangani serangkaian aksi sosial di Hong Kong pada 2019.

sumber : Antara / Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA