Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Pemerintah Segera Finalisasi Pembahasan Soal Biaya Haji

Sabtu 09 Apr 2022 13:49 WIB

Red: Esthi Maharani

Arab Saudi menyatakan membuka kembali pelayanan ibadah haji bagi jamaah dari luar negeri pada tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Arab Saudi menyatakan membuka kembali pelayanan ibadah haji bagi jamaah dari luar negeri pada tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Foto: AP Photo/Amr Nabil
Usul biaya perjalanan ibadah haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi sebesar Rp42 juta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah segera memfinalkan pembahasan mengenai besaran biaya perjalanan ibadah haji setelah Arab Saudi menyatakan membuka kembali pelayanan ibadah haji bagi jamaah dari luar negeri pada tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Kita akan bergerak cepat untuk melakukan persiapan. Biaya haji juga akan segera kita finalisasi dengan Komisi VIII DPR," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis dari kementerian yang diterima di Jakarta, Sabtu (9/4/2022).

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR pada 16 Maret 2022, Hilman menyampaikan usul biaya perjalanan ibadah haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi sebesar Rp42.452.369. Hilman mengemukakan bahwa besaran biaya haji yang diusulkan telah disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi mencabut sejumlah pembatasan untuk mencegah penularan Covid-19 yang diterapkan sebelumnya.

Dia mengatakan bahwa waktu yang tersisa untuk mempersiapkan penyelenggaraan pelayanan bagi jamaah haji di dalam negeri maupun di Arab Saudi sudah tidak banyak. Oleh karena itu, ia melanjutkan, Kementerian Agama akan bekerja cepat untuk merampungkan persiapan penyelenggaraan pelayanan ibadah haji, termasuk penentuan warga yang bisa berangkat berhaji sesuai dengan persyaratan Arab Saudi dan pelaksanaan pembinaan manasik.

"Ini kabar gembira. Kepastian adanya kuota ini akan segara kami tindak lanjuti dengan finalisasi sejumlah langkah taktis yang telah dilakukan. Persiapan layanan, baik di dalam negeri mau pun di Arab Saudi, akan segera difinalkan," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA