Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tuko Chaeron

Meraup Berkah Ramadhan dengan Budaya Silaturahim

Agama | Saturday, 09 Apr 2022, 07:20 WIB

Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi segenap lapisan masyarakat. Keberkahan itu ditunjukkan dengan bertambahnya kebaikan-kebaikan yang terjadi didalam masyarakat, seperti masyarakat menjadi bertambah giat dalam ibadah, bertambah giat bersedekah, dan bertambah giat bersilaturahim.Tak luput pula hal ini dilakukan oleh para pemimpin organisasi, para pejabat dan tokoh masyarakat, mereka berusaha memanfaatkan momen Ramadhan dengan tren program tarweh keliling ( tarling), turun kebawah (turba) maupun kunjungan kebawah.

Hal ini juga terlihat pada salah satu kegiatan kunjungan daerah oleh persyarikatan Muhammadiyah daerah Kabupaten Pemalang ke salah satu cabangnya di Kecamatan Pulosari, menjadi wahana silaturahim umat, antara pemimpin dan yang dipimpin untuk bisa mengefektifkan pembinaan dan pencerahan tentang berbagai hal yang menyangkut permasalahan umat dan masyarakat.

KH. Ahmad salah satu pengurus pimpinan daerah Muhammadiyah Pemalang yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, “ Kunjungan daerah ke cabang ini adalah bentuk silaturahim yang perlu dibudayakan untuk menyambung sekaligus memotivasi gerakan dakwah persyarikatan , agar bisa bangun dan berkembang lebih baik “

Dalam kesempatan kunjungan turba ini juga dipaparkan berkaitan arah kebijakan persyarikatan serta pencerahan atas segala informasi yang ada di masyarakat, sehingga ketenangan dan kesejukan suasana anggota persyarikatan yang sekaligus sebagai warga masyarakat dapat terbentuk.

Menjadi lebih indah dan menarik dalam kegiatan ini, karena kunjungan turba persyarikatan muhammadiyah di Kecamatan Pulosari berkolaborasi dengan pihak pemerintah Kecamatan Moga, yang menghadirkan Camat Pulosari Umar Aziz sebagai pembina wilayah kecamatan sehingga harmonisasi antara ormas(organisasi kemasyarakatan) Islam dengan pemerintah dapat terwujud.

Camat Pulosari Umar Aziz menyampaikan, “ Sebagai pemimpin pemerintahan di Kecamatan Pulosari ini, saya berharap ada sinergi dan kerja sama yang baik antara Muhammadiyah dengan pemerintah demi kemajuan masyarakat, maka kesempatan silaturahim ini perlu saya sampaikan beberapa informasi tentang berbagai hal yang ada di masyarakat, baik kondisi desa, masalah ekonomi, pendidikan, sarana air ,lingkungan dan lain lain, yang harus diketahui oleh warga”.

Muslih , S.Pd Ketua Cabang Muhammadiyah Pulosari menyampaikan bahwa “dalam kegiatan kunjungan daerah muhammadiyah dalam rangka Ramadhan 1443 di pulosari ini juga mengundang Lembaga Pendidikan Islam Ma’had Aly Bina Madani Moga yang dipimpin oleh dr.H Mahrus Achid, yang menginformasikan pendidikan gratis D2 untuk warga yang berkenan dididik menjadi kader tahfidz di Ma’had tersebut”.

Kegiatan diisi dengan buka bersama dan dilanjutkan sholat taroweh bersama yang menampilkan Imam sholat mahasantri hafid quran dan Ma’had Aly Bina Madani Moga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image