Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Juara MTQ Tigkat Nasional, Teruskan Dakwah Melalui Lagu Religi

Sabtu 09 Apr 2022 12:03 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Muhammad Reza Maulana

Muhammad Reza Maulana

Juara MTQ Tigkat Nasional, Teruskan Dakwah Melalui Lagu Religi

VIVA – Muhammad Reza Maulana pernah menjuarai lomba MTQ tingkat nasional. Kini, ia terjun ke industri musik sebagai penyanyi religi. Baginya dakwah bisa dilakukan dalam berbagai medium, salah satunya musik.

“Saya berharap lagu-lagu religi saya dapat menambah opsi bagi para pecinta musik Indonesia. Selain itu memberi warna baru dalam industri musik kita. Semoga masyarakat menyukainya,” kata Reza saat dihubungi baru-baru ini.

Reza meyakini, lagu dengan nuansa dan lirik islami memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, terlebih di bulan suci. Selain itu, lagu religi menjadi salah satu pengingat akan kebesaran Allah Yang Maha Kuasa.

 

Koleksi lagu religi, Reza sudah ada beberapa di YouTube. Ada lagu yang berjudul Allahul Kafi. Lalu  Yang Maha Sempurna, dan Reza menggandeng penyanyi cilik bernama Hilwa untuk menyanyikan lagu tersebut.

Perjalanannya sebagai qori dimulai pada kelas 3 SD. Sejak usia 7 tahun Reza kerap mendengar rekaman ayat suci Al-Qur'an yang diputar di masjid dekat rumahnya. Kala itu Reza terbiasa mengikuti lantunan ayat suci Al-Quran tersebut.

Lalu orangtuan menawarkan Reza untuk belajar memperdalam ilmu Al-Qur'an khususnya bidang Tilawah. Reza menyetujui tawaran tersebut.

 

“Saya belajar Tilawah Al-Qur'an setiap hari Minggu ketika libur sekolah. Dan alhamdulillah, berkah dari situ. Pada saat saya kelas 3 SD sudah mulai ada yang mengundang untuk mengisi acara acara-acara islami,” ujarnya.

Reza kecil semakin ingin memperdalam ilmu Al-Qur'an. Reza meminta kepada orang tua untuk disekolahkan di Pondok Pesantren.

“Akhirnya orang tua saya menyetujui, pada saat kenaikan kelas 5 SD saya mulai mondok. Saya belajar di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Itqon Bogor”, kata Reza. 

“Dalam satu tahun saya diperintahkan oleh Kyai saya untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Kabupaten Bogor. Alhamdulillah Qodarullaah, pada saat itu saya menjadi juara 1 tingkat Kabupaten Bogor. Dan berlanjut ke MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili kabupaten Bogor. Atas izin Allah, menjadi Juara 1 di tingkat Provinsi Jawa Barat,” sambungnya.

 

Reza menceritakan, saat itu mendapatkan hadiah tiket ibadah Haji, namun tiket tersebut dihadiahkan untuk kedua orang tuanya sebagai tanda hormat dan terimakasihnya.

Setelah menjuarai MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat, Reza mengikuti lomba MTQ tingkat nasional tahun 2020. Reza pun kembali menjadi juara.

Alhamdulillah saya mendapatkan predikat Juara 1 Nasional atau se-Indonesia pada tahun 2020. Insya Allah setelah pandemi usai, saya akan mengikuti lomba MTQ Tingkat Internasional mewakili Negara Indonesia," kata Reza.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA