Sabtu 09 Apr 2022 02:29 WIB

10 Selebriti & Merek Dunia dengan Fake Followers Terbesar

10 Selebriti & Merek Dunia dengan Fake Followers Terbesar

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Kim Kardashian dan Kanye West.
Kim Kardashian dan Kanye West.

VIVA – Fake followers tentu dimiliki oleh sebagian besar selebriti dunia. Sebelumnya, apakah Anda pernah bertanya-tanya berapa banyak selebriti, merek, bintang olahraga, dan pengikut politisi favorit Anda yang asli atau palsu?

TechRobot telah melakukan penelitian menggunakan alat audit media sosial Modash, yang memperkirakan jumlah pengikut palsu dan nyata yang dimiliki beberapa selebriti dan merek paling terkenal, dari Donald Trump hingga Nike hingga Dwayne Johnson.

Dengan Instagram sebagai platform media sosial utama untuk kesadaran merek, ini adalah tempat yang tepat bagi perusahaan, selebritas, atau influencer untuk menumbuhkan pengikut dengan memposting konten yang menarik dan menarik.

Namun, sejak dirilisnya berbagai aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memeriksa keaslian pengikut pengguna Instagram, hal ini menimbulkan masalah tentang pengikut palsu platform tersebut. Bot dapat dengan mudah memanipulasi figur pengikut influence, bahkan tanpa mereka sadari.

 

Dengan aplikasi ini yang gratis dan mudah diakses, menganalisis data dari akun Instagram orang menjadi lebih mudah dan cepat dari sebelumnya. Industri influencer sekarang bernilai lebih dari $8 miliar per tahun yang berarti banyak uang dapat berisiko jika angka pengikut Instagram tidak akurat.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berapa banyak Instagrammer paling populer yang memiliki pengikut asli dan berapa banyak yang telah dimanipulasi secara tidak sadar oleh pengikut atau bot palsu, TechRobot mengaudit 10 akun teratas di dunia olahraga, musik, film, politik, ritel, dan televisi . Menggunakan alat yang menganalisis tingkat keterlibatan dan konten profil untuk memperkirakan pengikut mana yang mungkin palsu, inilah yang mereka temukan:

Paris Hilton adalah Instagrammer dengan pengikut palsu terbanyak karena bot meningkatkan jumlah pengikutnya sebesar 28,6%

Paris Hilton adalah selebritas dengan jumlah pengikut palsu tertinggi di Instagram. Dia memiliki 15,5 juta pengikut, tetapi 28,6% di antaranya diperkirakan adalah bot. Meskipun model, pengusaha, dan tokoh media mungkin tidak menyadari hal ini, itu berarti hampir 4,5 juta pengikutnya bisa jadi adalah bot.

Di urutan kedua adalah merek ikonik Victoria's Secret dengan 28,5% dari 69,9 juta pengikut mereka yang diduga palsu, diikuti oleh Kourtney Kardashian dengan 27,9%.

Victoria's Secret memiliki persentase pengikut palsu tertinggi menurut penelitian dengan 28,5% pengikut mereka diduga sebagai bot atau akun palsu lainnya.

Merek: Nike memiliki 46,35 juta pengikut palsu dari 168,3 juta pengikut Instagram

Sebagai salah satu merek terbesar di dunia, Anda mungkin terkejut menemukan bahwa Nike tampaknya memiliki jumlah pengikut palsu tertinggi dari merek yang dianalisis TechRobot, dengan 27,54 persen pengikut mereka diduga tidak nyata.

Olahragawan: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memiliki dugaan total 134,14 juta pengikut Instagram palsu

Baik Lionel Messi maupun Cristiano Ronaldo memiliki jumlah pengikut Instagram yang mengejutkan, Cristiano Ronaldo dengan 329,1 juta pengikut dan Lionel Messi dengan 252,1 juta. Namun, dugaan pengikut palsu mereka cukup mengkhawatirkan.

Messi diperkirakan memiliki 56,8 juta pengikut palsu dan Ronaldo memiliki jumlah yang lebih besar lagi, yakni 77,34 juta pengikut palsu. Keduanya adalah dua orang berpenghasilan tertinggi di dunia di Instagram dan dibayar lebih dari ratusan ribu untuk mempromosikan produk di halaman mereka, tetapi kolaborator harus menyadari bahwa banyak dari ini bisa jadi bot.

Virat Kohli memiliki persentase pengikut Instagram nyata tertinggi dari 10 bintang olahraga paling populer di platform. Pemain kriket India dan kapten tim nasional India saat ini memiliki 144,7 juta pengikut dan menjadi salah satu pemain kriket pertama yang mencapai 100 juta pengikut. 81% dari ini, 11,6,7 juta, diharapkan nyata.

Aktor: Studi menunjukkan Dwayne "The Rock" Johnson memperkirakan 50 juta pengikut palsu di Instagram

Bintang film yang dianalisis oleh TechRobot dengan pengikut palsu paling sedikit tampaknya adalah Gal Gadot, serta Leonardo DiCaprio, Robert Downey Jr, dan Chris Hemsworth. Mereka semua memiliki pengikut nyata rata-rata lebih dari 75 persen. Namun, 'The Rock' memiliki lebih dari lima kali lebih banyak dugaan pengikut palsu: 53,18 juta dari 263 juta pengikutnya diperkirakan tidak nyata. Sekali lagi, ini kemungkinan hasil dari bot yang menargetkan selebritas terkenal seperti 'The Rock', yang filmnya 'Jungle Cruise' dan 'Jumanji' telah menjadi hit box office besar.

Musisi: Ariana Grande memiliki 66,17 juta pengikut palsu dari 194,13 pengikut Instagram yang mencengangkan

Ariana Grande memiliki jumlah pengikut nyata tertinggi dari 10 musisi paling populer di Instagram. 66,17 juta pengikutnya secara keseluruhan adalah nyata, dengan hanya 25,4% yang diperkirakan merupakan profil atau bot palsu. Pemenang penghargaan, penyanyi, aktris, dan penulis lagu Amerika adalah salah satu Instagrammer berpenghasilan tertinggi dan memiliki salah satu akun Instagram yang paling banyak diikuti sepanjang masa.

Dia memiliki banyak kesepakatan dukungan dengan merek-merek terkenal yang telah dia promosikan di seluruh Instagram-nya. Merek-merek tersebut antara lain Ultra Beauty, Givenchy, Reebok, Guess, MAC, Starbucks, Fiat, dan bahkan Samsung. Belum lagi parfumnya sendiri yang, sejak 2015, telah menghasilkan lebih dari $150 juta dalam dua tahun pertama penjualannya.

Musisi dengan jumlah pengikut palsu terbesar ditemukan adalah Katy Perry. 27,8% dari pengikutnya ditemukan diduga palsu, yang berjumlah lebih dari 36 juta pengikutnya.

Politik: Joe Biden memiliki profil yang paling dapat dipercaya sementara Hillary Clinton, Michelle Obama dan Donald Trump memiliki 17-23% dari dugaan pengikut palsu

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang kontroversial memiliki 24 juta pengikut di Instagram, dengan 82,57 persen di antaranya adalah pengikut "nyata". Sisanya adalah bot yang kemungkinan mengikuti mantan Presiden tanpa sepengetahuannya. Meskipun Joe Biden tidak memiliki pengikut sebanyak Trump, persentase tingkat pengikut nyata Biden tetap kuat di 88,88 persen; persentase pengikut "nyata" tertinggi dari semua politisi yang dianalisis oleh TechRobot.

Kim, Kourtney, Khloé Kardashian dan Kris, Kylie, Kendall Jenner memperkirakan gabungan 276,22 juta pengikut palsu

Tidak ada yang bisa berbicara tentang media sosial tanpa menyebut Kardashians atau Jenners. Mereka tidak hanya mengubah budaya populer tetapi juga membantu membangun kebangkitan karir influencer media sosial yang terkenal kejam.

Media sosial adalah bagian penting dari karir dan kesuksesan keluarga ini; posting yang disponsori diyakini sekitar 25 persen dari pendapatan mereka. Setelah menciptakan lini Kosmetik Kylie yang ikonik, yang berkembang pesat karena berbagai toko pop-up dan promosi media sosialnya, ia mampu menjual bisnisnya dan menjadi miliarder mandiri termuda di dunia. Namun, keberuntungan tidak berhenti di situ; influencer selebritas dapat mengenakan biaya sekitar $491.789 – $819.648 per posting dan sebagian besar terlihat mendukung fashion mewah, merek kecantikan, dan mereknya sendiri.

Jadi seberapa besar pengaruh keluarga ini di Instagram? Di antara keluarga, mereka memiliki lebih dari satu miliar pengikut Instagram, yang merupakan jumlah pengaruh yang luar biasa. Bahkan melebihi populasi Eropa. Namun demikian, bot mau tidak mau menargetkan keluarga Kardashian karena kesuksesan mereka. Sekarang, sangat mungkin tanpa sepengetahuan mereka, gabungan 276,22 juta pengikut mereka diduga palsu.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement