Sabtu 09 Apr 2022 00:17 WIB

Terima Kunjungan Dubes Tiongkok, Menhan Dorong Penyelesaian Masalah LCS

Menhan Prabowo terima kunjungan diplomatik Dubes RRT.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Foto: Prayogi/Republika.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan diplomatik Duta Besar Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia Lu Kang di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Jumat (8/4/2022). Dubes RRT, Lu Kang, merefleksikan kembali hubungan erat yang sudah terjalin antara Tiongkok dan Indonesia. 

Sebagai diplomat senior Tiongkok, Lu mengatakan kepada Menhan Prabowo bahwa Indonesia adalah negara di Asia yang sangat strategis dengan potensi kekuatan ekonomi yang cukup besar serta progresif dalam membangun kesejahteraan kedua negara. Merespons pernyataan Lu, Menhan Prabowo menyampaikan hubungan Indonesia dan Tiongkok memainkan peran penting di kawasan. 

Baca Juga

Oleh karena itu, Indonesia dengan melibatkan ASEAN mendorong agar Tiongkok sepakat dengan visi misi ASEAN yakni stability, security, and prosperity untuk kemakmuran bersama masyarakat di kawasan.

Menurut Menhan Prabowo, peningkatan hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok di level comprehensive strategic partnership sudah seharusnya menyasar pada upaya penyelesaian terhadap masalah-masalah di kawasan termasuk sengketa Laut China Selatan (LCS).

Untuk itu Menhan Prabowo berharap bahwa dengan dialog yang intens antar kedua negara, maka peluang strategis ASEAN dan Tiongkok dalam melanjutkan pembahasan Code of the Conduct (CoC) yang efektif dan substantif segera dapat terlaksana. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement