Jumat 08 Apr 2022 16:59 WIB

IPB Resmikan Botani BRI Work, Tempat  Nongkrong Edukatif di Kawasan Dramaga

Botani BRI Work merupakan ekosistem berbagai kegiatan.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria meresmikan  Botani BRI Work di Dramaga, Bogor, Kamis (7/4).
Foto: Dok IPB University
Rektor IPB University, Prof Arif Satria meresmikan Botani BRI Work di Dramaga, Bogor, Kamis (7/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- IPB University bersama BRI meresmikan Botani BRI Work, Kamis (7/4). Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan, kehadiran Botani BRI Work merupakan ekosistem berbagai kegiatan antara pendidikan, riset, bisnis, pemberdayaan petani dan wisata.

“Terima  kasih BRI yang telah bekerja sama dan memberi  dukungan yang besar kepada IPB University. Insya Allah gedung ini akan sangat bermanfaat. Yang kita bangun adalah satu ekosistem. Bagaimana kegiatan riset, pendidikan, magang, bisnis, pemberdayaan petani dan wisata bisa menjadi satu,” kata Prof Arif seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menjelaskan,  fasilitas yang tersedia di Botani BRI Work yang berlokasi di Jalan Raya Dramaga  Bogor ini antara lain Botani Mart. “Beragam jenis bibit tanaman hias dan pangan tersedia di sini. Selain itu, ada Botani Bakery yang menyediakan berbagai kue dan roti sehat, rendah gluten,” ujarnya.

Ada juga Tani Center, imbuhnya, sebuah wadah pusat edukasi bagi petani. Rektor menyebut, Tani Center disediakan secara khusus untuk menjadi pintu masuk para petani bisa ke IPB University. Di tempat ini, petani bebas bertanya dan berdiskusi apapun soal pertanian kepada para pakar di IPB University.

“Tani Center hadir untuk memberikan layanan kepada petani. Petani bisa datang ke sini, kita siapkan ruangannya. Kita siapkan aplikasi digital yang sudah tersedia di sini. Kalau mereka ingin Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau advice terkait investasi, ada BRI di sini,” ujar rektor.

Peran BRI itu, lanjut rektor, sangat penting untuk bisa mendampingi petani dan IPB University ketika akan melakukan kegiatan investasi. “Ini satu hal yang belum ada di tempat lain. Di sini lahannya tersedia, sumber pembiayaannya ada, sumber teknologinya juga ada,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sebagai fungsi wisata, nantinya Botani BRI Work akan dibangun wisata edukasi pertanian bagi masyarakat.

“Wisata ini kita rancang agar masyarakat semakin cinta pertanian. Untuk mengedukasi pelajar. Di sini juga ada kolam ikan seluas satu hektar agar masyarakat juga bisa belajar tentang perikanan. Inilah ikhtiar kita agar IPB University punya banyak etalase agar bisa menginspirasi,” terang rektor.

Senada, Direktur Utama BRI, Sunarso menuturkan, Botani BRI Work memberi akses petani mendapatkan kemudahan literasi pertanian dan keuangan. Botani BRI Work harus menjadi simpul untuk menyampaikan ide membangun ekonomi kerakyatan.

“Tempat ini kita maksudkan sebagai salah satu tempat untuk mengedukasi masyarakat terutama petani di sekitar Bogor. Menjadi tempat bagi komunitas mahasiswa, untuk ruang diskusi dengan petani. Nantinya bisa digunakan semacam laboratorium, interaksi bisnis, pembelajaran, baik di sisi pertaniannya, manajemen, administrasi maupun transaksi perbankan-nya,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement