Lima Cara Sehat Puasa di Bulan Ramadhan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 09 Apr 2022 00:10 WIB

Ilustrasi penjual makanan berbuka puasa. Lima Cara Sehat Puasa di Bulan Ramadhan Foto: Gulf Today Ilustrasi penjual makanan berbuka puasa. Lima Cara Sehat Puasa di Bulan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muslim di seluruh dunia menunaikan puasa Ramadhan setiap tahun. Mereka berusaha tetap terhidrasi dan sehat bahkan di iklim yang sangat panas.

Dilansir dari Metro, Jumat (8/4/2022), jika Anda telah melalui banyak Ramadhan, Anda akan mengetahui trik umum yang digunakan untuk membantu segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Tidak melewatkan sahur adalah salah satunya. Beberapa orang suka berbuka puasa di malam hari dengan camilan manis seperti kurma untuk meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga

Namun, ada banyak cara untuk menjaga diri sendiri selama bulan suci ini dan makanan merupakan salah satu elemen perawatan diri sepanjang Ramadhan.

Lima Cara Sehat Puasa di Bulan Ramadhan

1. Hindari Makanan Gorengan 

Sangat menggoda untuk mencari makanan yang menenangkan saat berbuka puasa. Padahal, makanan dengan kandungan lemak tinggi justru bisa menghambat pencernaan dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Hindari makanan yang digoreng dan berat. Pilihlah sesuatu yang sedikit lebih sehat. Setelah seharian berpuasa, makan banyak makanan pedas dan gorengan dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan, jadi perbanyak sayuran, salad dan buah.

2. Jaga Kebersihan Mulut

Tidak peduli seberapa lelahnya Anda, cobalah menyikat dan menggunakan benang gigi dua kali sehari. Bahkan menggunakan pengikis lidah bisa lebih efektif mengatasi bau mulut daripada menyikat gigi.

Beberapa Muslim memilih menghindari air liur dan pasta gigi di bulan Ramadhan agar tidak menelannya secara tidak sengaja dan mempertaruhkan puasa hari mereka. Selama tidak ada produk pasta gigi atau obat kumur yang tertelan, tidak ada aturan resmi yang menyatakan apakah ini dilarang atau tidak.

3. Minum Air

Tetap terhidrasi di siang hari bisa menjadi tantangan tetapi merencanakan makanan Anda untuk memasukkan kandungan air yang tinggi harus mengatasi masalah. Pastikan Anda minum banyak air.

Makanan dengan kandungan cairan tinggi untuk berbuka puasa antara lain yoghurt, sup, mentimun dan semangka. Berbuka puasa dengan air adalah tradisi tetapi hindari menenggak berliter-liter sekaligus karena dapat mengencerkan elektrolit tubuh dan membuat Anda sakit.

4. Tidur yang Cukup

Jadwal tidur yang baik sangat penting untuk menjaga tingkat energi di siang hari. Salah satu hal tersulit untuk dihadapi adalah kurang tidur setelah bangun untuk makan dan sholat subuh.  

Bicaralah dengan atasan Anda untuk melihat apakah ada ruang yang dapat Anda gunakan untuk sesi pemulihan tengah hari. Jika ini tidak memungkinkan di tempat kerja Anda, cobalah untuk tidur siang di antara waktu makan pagi Anda dan bersiap-siap untuk hari itu.

5. Gunakan Pelembab Kulit

Terutama karena Anda tidak mengisi tubuh Anda dengan air sepanjang hari, Anda mungkin mengalami kulit kering atau area yang tampak terkelupas dan teriritasi. Sediakan pelembab yang tahan lama untuk menjaga kulit terlihat dan terasa ternutrisi. 

Jika Anda berjuang dengan bibir kering dan pecah-pecah, pilihlah lipbalm yang menenangkan dan mengunci kelembapan. Anda mungkin tidak bisa minum air di siang hari tetapi kulit Anda pasti bisa dan Anda akan terlihat lebih segar dan lebih waspada sebagai hasilnya.

https://metro.co.uk/2022/04/07/five-fasting-tips-for-a-healthy-ramadan-16422071/