Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Universitas Brawijaya Terima Lebih Banyak Mahasiswa dari Jalur Mandiri

Jumat 08 Apr 2022 16:03 WIB

Red: Ani Nursalikah

Universitas Brawijaya (UB). Universitas Brawijaya Terima Lebih Banyak Mahasiswa dari Jalur Mandiri

Universitas Brawijaya (UB). Universitas Brawijaya Terima Lebih Banyak Mahasiswa dari Jalur Mandiri

Foto: humas UB
Kuota keseluruhan calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya 17.140 mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya di Kota Malang, Jawa Timur tahun ini menerima lebih banyak mahasiswa dari jalur seleksi mandiri ketimbang dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Menurut Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Universitas Brawijaya (UB) Heri Prawoto, kuota penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri tahun ini 50 persen atau 8.570 orang. Sedangkan kuota penerimaan mahasiswa dari jalur SNMPTN sebanyak 20 persen atau 3.445 orang dan kuota penerimaan mahasiswa dari jalur SBMPTN sebesar 30 persen atau 5.125 orang.

Baca Juga

"Kuota keseluruhan calon mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023 UB mencapai 17.140 mahasiswa. Untuk jalur SNMPTN kuotanya menurun dari tahun lalu, yang mencapai 30 persen. Meski ada penurunan kuota, jumlahnya masih paling banyak di antara PTN di Tanah Air," kata Heridi sela acara Bincang dan Obrolan Santai (Bonsai) Universitas Brawijaya, Jumat (8/4/2022).

Ia mengatakan setelah proses SNMPTN selesai, universitas langsung membuka pendaftaran SBMPTN. Kuota penerimaan mahasiswa dari jalur SBMPTN di Universitas Brawijaya tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 5.919 mahasiswa.

Kuota penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Meski tahun ini kuota penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri lebih banyak, tetapi kemungkinan calon mahasiswa yang masuk dari jalur mandiri tidak mendaftar ulang juga cukup tinggi.

"Oleh karena itu, kami benar-benar memilih siswa-siswa yang berprestasi, baik akademik maupun non-akademik dan bersungguh-sungguh sehingga potensi untuk tidak daftar ulang bisa diminimalisasi," katanya.

Ia mengatakan ketentuan seleksi calon mahasiswa secara umum masih sama seperti tahun sebelumnya, yang berbeda pada tahun ini dalam seleksi mandiri penilaian mencakup prestasi akademik, prestasi non-akademik, dan nilai ujian tertulis berbasis komputer (UTBK). Pendaftaran dan pembayaran pendaftaran peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi secara mandiri oleh Universitas Brawijaya dibuka mulai 15 Maret sampai 29 April 2022.

Pengisian data siswa juga dibuka mulai 15 Maret sampai 29 April 2022. Hasil seleksi menurut jadwal akan diumumkan pada 14 Juni 2022.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA