Sabtu 09 Apr 2022 02:00 WIB

Mainkan Fokus Mata Bisa Bantu Kendalikan Stres, Bagaimana Caranya?

Stres dapat diturunkan dengan mengubah fokus mata jadi penglihatan panoramik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menutup mata (Ilustrasi). Mengalihkan penglihatan fokus ke penglihatan panoramik sambil melibatkan penglihatan tepi dapat membantu meredakan stres.
Foto: www.freepik.com.
Menutup mata (Ilustrasi). Mengalihkan penglihatan fokus ke penglihatan panoramik sambil melibatkan penglihatan tepi dapat membantu meredakan stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres merupakan hal yang normal terjadi di dalam hidup. Akan tetapi, stres yang berlebih dan tak terkelola dengan baik bisa memicu terjadinya masalah pada mental dan fisik. Di sisi lain, stres bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk dikendalikan.

Dokter dan pengguna TikTok dr Karan Rajan mengatakan, memainkan mata bisa membantu mengatasi situasi tersebut. Hanya dengan main mata, dr Rajan mengatakan, perasaan stres dan kecemasan bisa diturunkan.

Baca Juga

Menurut dr Rajan, penting untuk diketahui bahwa mata tidak terhubung dengan otak. Mata, menurut dr Rajan, adalah otak itu sendiri.

"Dalam tahap perkembangan embrio, mata sebenarnya bagian dari otak depan dan di trimester pertama mata keluar dari tengkorak," jelas dr Rajan, seperti dilansir The Sun, Jumat (8/4/2022).

Satu hal unik yang berkaitan dengan mata adalah, lapang pandang mata bisa dimanfaatkan untuk mengontrol respons stres. Yang perlu dilakukan adalah mengubah penglihatan fokus (focal vision) menjadi penglihatan panoramik dan lebih melibatkan penglihatan tepi.

Penglihatan fokus adalah kondisi di mana pandangan mata hanya tertuju pada satu hal seperti ponsel atau layar komputer. Pada saat ini, lapang pandang mata akan menyempit dan berfokus pada satu titik saja.

Di sisi lain, penglihatan panoramik merupakan kondisi di mana mata memandang sesuatu yang lebih luas. Pada kondisi ini, lapang pandang menjadi lebih luas.

Mengalihkan penglihatan fokus ke penglihatan panoramik sambil melibatkan penglihatan tepi merupakan hal yang mudah dilakukan. Salah satu contohnya adalah mengalihkan pandangan mata yang semula hanya menatap layar ponsel menjadi menatap langit yang luas. Meski sederhana, cara ini bisa membantu menurunkan stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement