Seruan Boikot Kurma dari Permukiman llegal Israel Kembali Muncul

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 08 Apr 2022 13:35 WIB

Kurma medjoul asal Israel. Seruan Boikot Kurma dari Permukiman llegal Israel Kembali Muncul Foto: AP Kurma medjoul asal Israel. Seruan Boikot Kurma dari Permukiman llegal Israel Kembali Muncul

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Aktivis Palestina Jeanine Hourani mengatakan tanaman yang paling menguntungkan untuk permukiman ilegal Israel adalah kurma. Ramadhan tahun ini, kampanye boikot seharusnya tidak hanya mempersulit Israel untuk melanjutkan ekspor internasionalnya, tetapi juga membuatnya tidak mungkin.

Kurma adalah simbol penting dari bulan suci Ramadhan, yang berakar pada keyakinan bahwa Nabi Muhammad (SAW) akan berbuka puasa dengan kurma. Tanaman kurma tumbuh subur di daratan Palestina.  

Baca Juga

 

“Kenangan awal saya tentang Ramadhan adalah Baba membagi-bagikan sepiring kurma dengan latar belakang adzan. Ketika saya pertama kali pindah ke Australia untuk kuliah, saya tidak mengenal Muslim lain sehingga saya berbuka puasa sendirian di ruang kuliah universitas saya. Rasa kurma menjadi satu-satunya pengingat ritual Ramadhan masa kecil saya,” ujar Jeannine, dilansir dari Al Araby, Jumat (8/4/2022).

 

Sebagai orang dewasa yang bekerja sebelum pandemi, ia sering terburu-buru pulang dari kantor untuk bisa buka puasa dengan menyendok kurma. Sebagai seorang Palestina, dan sebagai seorang Muslim yang telah berpuasa setiap Ramadhan sejak berusia sembilan tahun, Jeannine marah dengan kooptasi rezim Israel atas simbol penting bulan suci untuk melanjutkan proyek kolonial pemukim mereka.

 

Sejak 2012, ada seruan dari masyarakat sipil Palestina untuk memboikot kurma yang diekspor dari permukiman ilegal Israel di Lembah Yordan. Hal ini didukung oleh pengetahuan bahwa, selain keberadaannya yang ilegal, kebun kurma di pemukiman ini mengeksploitasi pekerja Palestina, termasuk pekerja anak, sambil mencuri sumber air dari desa-desa Palestina.

 

Pada saat yang sama, tekanan pendudukan militer telah membuat industri kurma asli Palestina berjuang untuk bersaing dengan kurma yang diproduksi di permukiman yang telah membanjiri pasar lokal dan internasional.

 

Bentuk eksploitasi pertanian, ekonomi, dan tenaga kerja ini bukanlah hal baru. Sejak Nakba, rezim Israel telah mengobarkan perang ekonomi terhadap rakyat Palestina dengan merampok sumber daya alam kami dan mengambil alih tanah dan air mereka.

 

“Rezim Israel menenggelamkan kami dalam kemiskinan dan pengangguran, mengeksploitasi kami sebagai tenaga kerja murah, benar-benar menghancurkan alat produksi lokal kita dan menggunakan pos pemeriksaan, perbatasan kolonial dan pelabuhan yang dikendalikan untuk memblokir perdagangan,” ujar Jeanine.

Saat ini, hampir setengah dari permukiman ilegal di Lembah Yordan menanam kurma, dengan ekspor terbesar adalah kurma medjoul. Ekspor kurma membawa keuntungan sebesar 265 juta dolar ASsetahun ke negara bagian, sekitar 60 persen di antaranya berasal dari permukiman Lembah Yordan. 

 

Hal ini menjadikan kurma sebagai tanaman yang paling menguntungkan yang ditanam di permukiman dan mempertahankan kelangsungan ekonomi mereka. “Oleh karena itu, kampanye boikot kurma bertujuan menghambat ekonomi permukiman ilegal dengan membuat penciptaan dan pemeliharaannya tidak dapat dipertahankan,” kata dia.

 

Namun, penting untuk mengakui bahwa kekerasan yang dilakukan oleh rezim Israel tidak terbatas pada pemukiman ilegal. Ramadhan lalu, Israel melakukan pembunuhan terhadap ekspor dan penjualan kurma sambil secara bersamaan menyerang jamaah yang damai di masjid Al Aqsa, menghujani bom di Gaza, dan melarang ribuan tahanan Palestina melakukan panggilan telepon dengan keluarga dan orang-orang terkasih selama bulan suci Ramadhan.

 

“Tuntutan BDS (gerakan boikot dan sanksi) kami dengan demikian seharusnya juga tidak terbatas pada pemukiman ilegal,” kata dia.

 

Pada 2021, Ben & Jerry's mengumumkan produk mereka tidak lagi dijual di wilayah Palestina yang diduduki, tetapi mereka akan tinggal di Israel melalui pengaturan yang berbeda. Demikian pula, pada 2014 Soda Stream mengumumkan mereka akan memindahkan pabrik mereka dari permukiman ilegal di Tepi Barat. 

Keduanya gagal mengakui seluruh Palestina yang bersejarah telah diduduki. Dalam kedua kasus tersebut, Palestina dan sekutunya dengan cepat menunjukkan kita tidak akan tertipu oleh upaya untuk membangun dan memperkuat gagasan tentang bentuk pendudukan 'legal' versus 'ilegal', pembersihan etnis, dan kolonialisme pemukim. 

“Gerakan pembebasan kami menyerukan pembebasan Palestina,” kata dia.

Sementara gerakan BDS bertujuan, pertama dan terutama, untuk menargetkan proyek kolonial pemukim zionis Israel. Kampanye BDS juga memiliki manfaat tambahan yang sering dilupakan.

Pertama, kampanye-kampanye tersebut meningkatkan kesadaran akan penderitaan rakyat Palestina dengan menyoroti betapa mengakarnya proyek kolonial pemukim Israel dalam setiap aspek kehidupan dan mata pencaharian warga Palestina. Kampanye tersebut juga menjelaskan keterkaitan perjuangan rakyat Palestina.

Caranya dengan menempatkan gerakan pembebasan Palestina dalam gerakan dekolonial yang lebih luas yang menolak insentif kapitalis kolonial yang mengeksploitasi tanah dan tenaga kerja pribumi dan merampas hak penentuan nasib sendiri dan kemandirian ekonomi masyarakat adat.

Kampanye memboikot kurma yang diproduksi di permukiman Israel adalah bagian dari gerakan pembebasan Palestina global dan anti-kolonial yang lebih besar dan perlu dipahami seperti itu, terutama karena kampanye itu berhasil. 

Ekspor kurma Israel ke AS telah turun secara signifikan pada 2015, 10,7 juta kg kurma memasuki pasar AS dari pemukiman ilegal, jumlah ini turun menjadi 3,1 juta kg pada 2017. Demikian pula, ekspor kurma ke Inggris anjlok sebesar 32 persen pada 2019 sementara ekspor kurma Palestina secara global melonjak sebesar 37 persen. Ini adalah kemenangan penting yang harus dirayakan.

“Sementara kita tahu eksportir Israel semakin mengeluh semakin sulit mengekspor produk mereka, kita juga tahu bahwa 'lebih keras' tidak cukup, kita perlu membuatnya tidak mungkin,” kata Jeanine.

“Ramadhan ini, pastikan Anda membeli kurma dari merek tepercaya, seperti Zaytoun dan Yaffa dan hindari merek seperti Jordan River, King Solomon, King Medjoul, Carmel, Barhi, dan Medjool Plus,” tambahnya.