Jumat 08 Apr 2022 13:33 WIB

Desa Pasuruan Cilacap Dicanangkan Jadi Kampung Pancasila

Kampung ini diharapkan dapat memantapkan kerukunan masyarakat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga mencanangkan pembentukan Kampung Pancasila di Desa Pasuruan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.
Foto: Dok. Korem 071/Wijayakusuma
Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga mencanangkan pembentukan Kampung Pancasila di Desa Pasuruan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

REPUBLIKA.CO.ID,CILACAP -- Desa Pasuruan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila oleh Korem 071/ Wijayakusuma. Pemilihan desa ini sebagai kampung untuk mengukuhkan nilai- nilai Pancasila disebabkan oleh tingkat keberagaman yang tinggi di desa ini.

Menurut Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga, desa ini memiliki berbagai macam keberagaman, baik dari agama, suku maupun golongan.

Baca Juga

"Dengan banyaknya keberagaman ini, kami menilai kampung ini mudah menerima hal-hal yang positif, sehingga di tempat ini lah kami kumpulkan untuk menggali lagi hal-hal positif," ujar Danrem Kol. Inf. Yudha Airlangga dalam peresmian pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pasuruan, Cilacap, Kamis (7/4/2022).

Program Kampung Pancasila merupakan wahana untuk menanamkan jiwa nasionalis dan patriotis segenap warga dalam rangka bela negara. Tujuan utama dibentuknya kampung Pancasila dengan harapan dan tekad yang kuat untuk memantapkan solidaritas antar umat Beragama.

Kampung ini diharapkan dapat memantapkan kerukunan masyarakat atas keberagaman yang ada dan menjadi tempat pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila bagi masyarakat.

"Saat ini kita tengah menghadapi gencarnya serbuan media sosial. Kami berharap ideologi Pancasila tidak tergerus dari pengaruh negatif media sosial," jelas Danrem.

Selain itu, kampung ini diharapkan dapat menanamkan pemahaman kepada para seluruh warga agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan, serta mengimplementasikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila didalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan adanya kampung Pancasila diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua, karena Pancasila merupakan pemersatu bangsa, dengan keanekaragaman tapi kita bisa memaknai dari nilai-nilai Pancasila dengan saling toleransi, gotong-royong, guyub dan rukun," jelasnya.

Kita ketahui bersama bahwa 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, undang-undang dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan suatu kekuatan bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Keberadaan kampung Pancasila diharapkan dapat meningkatkan implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada kehidupan masyarakat yang rukun, santun dan berbudaya sesuai nilai-nilai luhur Pancasila.

Ia mengungkapkan bahwa program Kampung Pancasila ini telah secara serentak dilaksanakan oleh jajaran satuan Kodam 4 Diponegoro yang mencakup wilayah Jawa Tengah. Cilacap sendiri merupakan pionir di Jawa Tengah, dan masuk 5 besar pertama kandidat sebagai Kampung Pancasila.

"Dengan ini kami berharap mendorong pelaksanaan dibentuknya Kampung Pancasila di wilayah wilayah lainnya bersama elemen masyarakat beserta Polri," katanya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Bupati Cilacap, Dandim 0703/Cilacap, Ketua DPRD Cilacap, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap, Kajari Cilacap, Ketua FKUB Kab Cilacap, GM Pertamina RU IV, GM PLTU S2P Karangkandri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement