Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abigail Fionna

Jangan Asal Memilih Aplikasi Kasir, Perhatikan Dulu 10 Hal Ini!

Bisnis | Friday, 08 Apr 2022, 09:59 WIB
Aplikasi Kasir | Pexels.com

Teknologi Informasi yang semakin maju memunculkan sistem modern yang memudahkan berjalannya bisnis retail. Salah satu yang populer dan banyak digunakan dikenal dengan nama Point of Sale (POS), atau lebih sering disebut aplikasi kasir. yang dapat membantu menjalankan bisnis lebih mudah.

Aplikasi kasir bukan hanya bisa digunakan dalam sebuah perusahaan besar, namun saat ini juga tersedia untuk UMKM. Bukan tanpa alasan menurut data rilisan Kominfo, e-Commerce di Indonesia sukses mencapai pertumbuhan 78 persen sampai saat ini.

Aplikasi kasir yang ada juga semakin banyak, dengan berbagai pilihan fitur dan keunggulan yang berbeda.

sehingga jika ingin mendapat aplikasi kasir terbaik tidak bisa sembarangan, ada 10 hal yang minimal harus Anda ketahui. Apa saja ? simak rangkumanya berikut ini.

Fitur Pelacak Stok Barang

Pelacakan stok barang harus ada dalam sebuah aplikasi POS, karena pelayanan pelanggan sangat bergantung pada persediaan barang yang ada. Jangan sampai Anda kehabisan produk dan tidak bisa memenuhi permintaan pelanggan karena data stok barang tidak tepat

Fitur Kelola Pengembalian Produk

Kejadian dimana pembeli mengembalikan atau melakukan pembatalan penjualan bisa saja terjadi dalam sebuah bisnis. Jika aplikasi POS tidak mempunyai fitur ini kemungkinan akan terjadi kekacauan di dalam sistem POS atau malah merusak data penjualan yang ada.

Fitur Kelola Riwayat Transaksi

Melihat transaksi penjualan bukan hanya untuk meninjau transaksi yang sudah dilakukan saja. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menganalisis tren, Anda jadi bisa menentukan barang apa saja yang harus menambah stock begitu pula sebaliknya.

Dapat Diakses Dimana Saja

Ini juga penting, jangan sampai Anda tidak bisa mengakses sistem POS hanya karena aplikasi memiliki akses terbatas. Sistem POS harus bisa diakses dimanapun dengan fleksibel agar bisa dipantau dengan baik dan mudah.

Fitur Program Promo

Siapa yang tidak mau mendapat promo, pelanggan sangat menyukai promo dan reward yang diberikan ketika berbelanja. Strategi pemberian, reward atau promo sudah dilakukan oleh banyak perusahaan bisnis retail dan sukses meningkatkan penjualan. Integrasi fitur program promo dalam aplikasi kasir menjadi hal yang perlu anda cari ketika memilih aplikasi kasir.

Kelola Cabang

Integrasi cabang dengan pengelolaan dalam satu aplikasi saat ini menjadi fitur yang banyak dicari para pemilik bisnis retail. Fitur ini dapat mengelola harga dengan mudah dan cepat di semua cabang bisnis retail Anda.

Multi Payment

Aplikasi POS juga harus mempunyai fitur multi payment, apalagi saat ini semakin banyak metode pembayaran yang digunakan oleh konsumen. Dengan fitur ini Anda bisa menerima berbagai metode pembayaran dalam satu pintu dengan mudah.

Fitur Laporan

Aplikasi POS yang sudah mempunyai fitur laporan akan sangat memudahkan, Anda tidak perlu lagi untuk membuat laporan secara terpisah. Semua database sudah bisa diakses secara otomatis dalam aplikasi POS.

Barcode

Penggunaan barcode bisa lebih mudah untuk melacak atau memantau keberadaan sebuah produk. Barcode juga mempunyai banyak informasi seperti tanggal produksi, proses mutasi sampai kategori produk dan harga.

Manajemen Karyawan

Aplikasi POS harus mempunyai fitur manajemen karyawan agar bisa memantau kerja atau melakukan monitoring terhadap track record penjualan mereka. Fitur ini biasanya menyediakan pembuatan akun karyawan untuk posisi atau akses tertentu.

Sistem POS bisa menggeser proses pelayanan pelanggan yang konvensional menjadi modern. Sistem ini bisa menjadi awal bagi pertumbuhan bisnis retail menjadi sebuah e-Commerce dengan berbagai kemudahan dan fasilitas penunjangnya.

Saat ini sudah banyak pilihan aplikasi kasir yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda, seperti aplikasi PoS dari HashMicro yang sudah memiliki seluruh fitur-fitur diatas, serta keseluruhan aplikasinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu ada juga Aplikasi Moka Pos, Pawoon PoS, aplikasi Qasir, dan berbagai aplikasi lain yang sudah tersedia di Indonesia. Sesuaikan aplikasi pilihan Anda dengan kebutuhan bisnis Anda agar operasional bisnis Anda dapat berjalan dengan optimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image