Jumat 08 Apr 2022 10:44 WIB

Nikmat Suara Adzan di Minneapolis dan Wajah Toleransi Amerika Serikat 

Minneapolis Amerika Serikat mengizinkan adzan menggunakan pengeras suara

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Amerika Serikat. Minneapolis Amerika Serikat mengizinkan adzan menggunakan pengeras suara
Bendera Amerika Serikat. Minneapolis Amerika Serikat mengizinkan adzan menggunakan pengeras suara

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO — Adzan dengan menggunakan pengeras suara akhirnya disetujui di beberapa tempat di Amerika Serikat (AS). 

Seorang anggota Muslim dari Dewan Kota Minneapolis Jamal Osman, berhasil mensponsori undang-undang untuk mengizinkan penyiaran Adzan dari hampir 40 masjid di kota itu. 

Baca Juga

Jamal Osman terpilih menjadi anggota dewan kota pada Agustus 2020. Dalam undang-undang Minneapolis yang ada mengizinkan musik, suara, dan bacaan lisan untuk dimainkan publik selama mereka tidak melebihi batas "suara desibel" tertentu diizinkan. 

Setelah mengkaji aturan itu, Osman memutuskan bahwa jika tingkat adzan tetap di bawah batas suara desibel yang sah, itu akan disetujui untuk disiarkan dari masjid-masjid kota antara pukul 7 pagi dan 10 malam setiap hari, dan sepanjang tahun.  

“Ada empat waktu sholat yang diterima, sementara sholat Subuh belum. Masjid-masjid di sini dan masyarakat senang,” kata Osman tentang pengesahan Undang-undang Adzan pada 24 Maret 2020 lalu.

“Tetapi beberapa masjid di sini dan para pemimpin masjid, mereka menyadari bahwa mereka ingin menghormati non-Muslim dan mereka ingin menghormati tetangga mereka. Dan beberapa dari mereka benar-benar memutuskan untuk tidak langsung mengumandangkan adzan, tetapi memiliki keterlibatan komunitas untuk menyambut tetangga mereka dan memberi tahu mereka bahwa kebijakan kota sekarang memungkinkan kita untuk mengumandangkan adzan dari atap masjid. Dan saya pikir pengalaman dan umpan balik yang kami dapatkan untuk seluruh kota Minneapolis tidak lain adalah positif,” tuturnya. 

Osman mengatakan bahwa Minneapolis mengizinkan satu masjid untuk menyiarkan adzan selama Ramadhan tiga tahun lalu. Dia mengatakan bahwa adzan sholat Subuh dilarang berdasarkan undang-undang baru karena dilakukan terlalu pagi.

Baca juga: Motif Tentara Mongol Eksekusi Khalifah Terakhir Abbasiyah dengan Dilindas Kuda

“Kami mendengar adzan dan Anda tahu keterikatan emosional dengan orang-orang yang tinggal di sini, di negara-negara tempat mereka dibesarkan mereka dapat mendengar adzan dan sekarang mendengar adzan dari kenyamanan rumah mereka benar-benar mengharukan,” kata Osman, yang datang ke Amerika Serikat sebagai pengungsi dari Somalia pada 2000.

“Wali kota dan anggota dewan kota di sini, dan Negara Bagian Minnesota sangat baik kepada komunitas Muslim. Itu mengatakan banyak tentang negara bagian dan kota kita. Kami memiliki banyak pejabat terpilih di setiap tingkat pemerintahan di sini. Minneapolis adalah kota indah yang kami sebut rumah,” ujarnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement