Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Pandemi Masih Berlangsung, Vaksinasi dan Suplemen Antisipasi Covid-19

Jumat 08 Apr 2022 08:03 WIB

Red: Nashih Nashrullah

The Club Gading Mas Bersama Biotek Farmasi Indonesia Tekan Covid-19, di The Club Gading Mas, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (7/4/2022). Dalam kegiatan itu dijelaskan  vaksinasi dan suplemen merupakan cara untuk tingkatkan kekebalan tubuh dari Covid-19

The Club Gading Mas Bersama Biotek Farmasi Indonesia Tekan Covid-19, di The Club Gading Mas, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (7/4/2022). Dalam kegiatan itu dijelaskan vaksinasi dan suplemen merupakan cara untuk tingkatkan kekebalan tubuh dari Covid-19

Foto: Dok Istimewa
Vaksinasi dan suplemen merupakan cara untuk tingkatkan kekebalan tubuh dari Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya selesai. Presiden terus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada, disiplin dan terutama melakukan vaksinasi.

“Segeralah vaksin booster, jalankan protokol kesehatan yang disiplin, dan gunakan masker di tempat umum," ujar Jokowi saat mengumumkan penetapan cuti bersama 29 April hingga 6 Mei 2022, Rabu lalu (6/4/2022).

Baca Juga

Marketing Director Biotek, dr. Izaak menyebutkan, ada 3 manfaat dari vaksinasi Covid-19, antara lain merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko penularan dan mengurangi dampak berat dari virus.

Dalam upaya mencegah penyebaran dan infeksi Covid-19, setelah vaksinasi, masyarakat perlu mengonsumsi produk imunomodulator untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Salah satunya dengan mengonsumsi obat tradisional lisensi (OTL) Viradef dari Biotek Farmasi Indonesia. Produk herbal tersebut sudah memiliki Nomor Izin Edar BPOM RI yang juga berfungsi mempercepat penyembuhan bagi pasien yang terinfeksi.

“Untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19, masyarakat perlu mengonsumsi produk imunomodulator seperti Viradef yang cara kerjanya bersama-sama dengan vaksin meningkatkan imun sistem," ujar Izaak kepada wartawan dalam acara “The Club Gading Mas Bersama Biotek Farmasi Indonesia Tekan Covid-19”, di The Club Gading Mas, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Izaak memaparkan, sejauh ini beberapa jurnal ilmiah internasional independen menunjukkan komposisi Viradef memiliki berbagai keunggulan, antara lain menghambat enzim TMPRSS2 yang mengaktivasi Covid-19 masuk ke dalam sel tubuh. berdasarkan studi Molecular Docking, Viradef menghambat MPro atau 3CLpro yang berperan mereplikasi Covid-19.

Viradef diyakini berbeda dengan produk antivirus lain yang hanya bekerja dengan menghambat replikasi virus. Komposisi Viradef memiliki efek antioksidan yang jauh lebih kuat dan lebih aman dibandingkan vitamin C dosis tinggi. “Efek antivirus dari Viradef bukan hanya untuk virus Covid-19 tetapi juga ampuh untuk influenza,” papar Izaak.

Chaiman Biotek Farmasi Indonesia, Toni Lay menambahkan, keunggulan lainnya dari Viradef adalah komponen bagi penderita Long Covid dapat membantu mengatasi peradangan, meningkatkan energi seluler atau Adenosin Tri Phosphate (ATP) serta kekuatan otot.

“Bagi penderita long Covid kerap terjadi peradangan akibat badai sitokin. Hal inilah yang menjadi keunggulan Viradef yang juga membantu meningkatkan energi yang hilang akibat infeksi virus,” ujar Toni. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA