Jumat 08 Apr 2022 04:15 WIB

Guardiola Tepis Kemungkinan Tangani Timnas Brasil

Tite akan mundur dari kursi pelatih timnas Brasil selepas Piala Dunia 2022.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola menepis kemungkinan menangani timnas Brasil.
Foto: AP/Dave Thompson
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola menepis kemungkinan menangani timnas Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pep Guardiola dilaporkan menjadi salah satu kandidat terkuat pengganti Tite di kursi pelatih timnas Brasil setelah gelaran Piala Dunia 2022. Bahkan, Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan agen sekaligus saudara laki-laki Guardiola, Pere Guardiola. 

Tite, yang telah menukangi Selecao sejak 2016, dilaporkan akan mengundurkan diri usai final Piala Dunia 2022. Berdasarkan lansiran Globo Esporte, CBF pun berniat mendatangkan pelatih asing untuk mengantikan Tite di kursi pelatih timnas Brasil. Bidikan CBF tertuju pada Guardiola. Terlebih, kontrak Guardiola bersama Manchester City akan berakhir pada 2023. 

Baca Juga

Hingga kini, baik Guardiola dan manajemen The Citizens belum memberikan sinyal yang tegas terkait kemungkinan perpanjangan kontrak pelatih asal Spanyol tersebut. Kendati begitu, Guardiola ternyata menutup setiap kemungkinan untuk menukangi Selecao. Menurut mantan pelatih Bayern Muenchen itu, Brasil memiliki sederet pelatih yang jauh lebih mumpuni untuk menangani Neymar dan kawan-kawan. 

"Brasil sudah memiliki pelatih dalam negeri yang harus menukangi timnas Brasil. Ada begitu banyak pelatih asal Brasil yang sangat bagus. Perdebatan selesai," tutur Guardiola kepada TNT Sports, Kamis (7/5/2022). 

Sebelumnya, berdasarkan lansiran Marca, CBF dikabarkan telah melakukan komunikasi dengan Pere Guardiola. CBF bahkan telah bersiap menawarkan kontrak berdurasi empat tahun kepada mantan pelatih Barcelona tersebut. Guardiola juga akan mendapatkan gaji sebesar 12 juta euro per tahun di luar pajak. 

Sejumlah anggota CBF dikabarkan cukup optimistis bisa bekerja sama dengan Guardiola. Meski belum pernah menukang tim nasional, pelatih berusia 51 tahun itu dianggap sosok paling ideal untuk bisa menggantikan Tite di kursi pelatih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement