Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dedik Santosa

5 Contoh Bisnis Online Untuk Mahasiswa yang Patut Dicoba

Bisnis | Thursday, 07 Apr 2022, 22:25 WIB

Bisa kuliah dan menghasilkan pundi-pundi uang sendiri kenapa tidak. Faktanya ada banyak mahasiswa yang menjalani kegiatan tersebut. Dan beberapa diantaranya bisa menjadi pengusaha sukses.

Memang idealnya dalam menuntut ilmu harus fokus agar hasilnya maksmal. Tapi dalam menuntut ilmu tersebut masih ada waktu-waktu kosong yang bisa dimanfaatkan. Telebih saat ini eranya sudah digital semua, sehingga tidak perlu keluar rumah.

Kenapa bisnis online? Akan banyak jawaban dari pertanyaan tersebut, diantaranya adalah banyaknya peluang dan bisa dikerjakan dimana dan kapan saja. Lantas apa saja peluang bisnis online untuk mahasiswa pemula yang bisa dicoba tersebut? Berikut ulasannya.

1. Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu jenis peluang usaha online yang tidak membutuhkan modal banyak. Platform yang bisa digunakan pun tinggal pilih, karena umumnya setiap marketplace bisa dimanfaatkan.

Sistim dropshipper hanya fokus menjualkan produk atau jasa milik orang atau perusahaan. Sehingga tidak memerlukan stok ataupun modal. Paling hanya peralatan pendukung dan koneksi internet.

Meskipun mudah untuk digunakan, sebagai pemula tetap membutuhkan ilmu dan teknik. Usahakan untuk meluangkan waktu untuk belajar apa saja yang perlu dikuasai dalam bisnis online ini.

2. Reseller

Mengutip dari broonet.com, reseller termasuk bisnis yang menjanjikan. Hanya saja untuk pemula harus pintar dalam memasarkan produknya, karena biasanya ada modal awal yang digunakan untuk membeli barang.

Sehingga perputaran uang harus jalan agar bisa mengambil barang. Biasanya semakin banyak barang yang diambil, harganya akan semakin murah. Disinilah reseller bisa mengambil keuntungan sedikit lebih.

Kelebihan yang ditawarkan dalam usaha ini barang atau jasa yang dijual sudah memiliki nama. Jika pas dalam memilih produk, maka tidak menutup kemungkinan bisa menjual barang dengan jumlah besar.

3. Tutor Bimbel Online

Sejauh ini menjadi pengajar bimbingan belajar memang tidak ada matinya. Bahkan saat ini bisa dilakukan secara online atau tanpa bertemu langsung. Sehingga bisa lebih hewat waktu dan tenaga.

Sebagai mahasiswa dengan berbagai pengalaman tentu ini menjadi peluang yang patut dicoba. Jika pandai dalam berbisnis, lambat laun bisa memperkerjakan mahasiswa lain untuk bergabung menjadi tutor di bimbel yang dikelola.

4. Jasa Content Writer

Berikutnya adalah content writer atau penulis konten (artikel). Saat ini banyak sekali yang membutuhkan jasa penulis lepas datau freelance seperti ini. Penyebabnya sejak Covid 19, perusahaan-perusahaan berlomba menbangun website perusahaannya.

Sehingga kebutuhan akan konten untuk mensupport website tersebut sangat tinggi. Jika bisa menulis artikel dengan baik, tidak menutup kemungkinan untuk bisa meraup banyak pundi rupiah dari jasa ini.

5. Jasa Content Creator

Tidak bisa dipungkiri di era teknologi seperti ini banyak orang berlomba-lomba untuk bisa eksi di berbagai platform emdia sosial. Yang paling popoler misalnya Youtube dan tiktok. Dua contoh platform tersebut terbukti bisa digunakan dalam mencari uang dengan cara iklan atau jualan.

Disinilah sebagai pemain besar yang membutuhkan konten masih dengan jumlah besar tidak bisa memenuhinya sendiri. Oleh sebab itu peluang ini sangat menarik untuk dikerjakan.

Sebenarnya masih ada banyak rekomendasi jenis peluang usaha online untuk mahasiswa yang bisa dicoba. 5 contoh di atas setidaknya bisa membuka wawasan dan ambisi untuk bisa segera memulai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image