Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Sebulan Terakhir Damkar Padang Tangani 20 Kebakaran Lahan

Jumat 08 Apr 2022 01:11 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait adanya potensi peningkatan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (ilustrasi)

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait adanya potensi peningkatan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (ilustrasi)

Foto: FB Anggoro/ANTARA FOTO
Saat ini belum ada yang api akibat kebakaran lahan yang merembes ke permukiman warga,

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG --Cuaca di Kota Padang sebulan terakhir mengalami kemarau. Cuaca yang terik dan panas kebakaran lahan pun kerap terjadi di Kota Padang.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mencatat pihaknya sudah menangani 20 peristiwa kebakaran lahan dalam rentang sebulan terakhir ini.

Baca Juga

Kepala Bidang Operasi dan Sarana Prasarana Dinas Damkar Kota Padang, Sutan Hendra, mengakui dampak kemarau ini telah mengakibatkan kekeringan dan berujung kebakaran lahan di sejumlah titik di Kota Padang. "Kita mencatat sudah terjadi sekitar 20 peristiwa kebakaran lahan yang kita tangani sejak sebulan terakhir ini," kata Sutan, Kamis (7/4).

Ia menyebutkan untuk penyebabnya belum diketahui, karena tidak satupun warga yang mau mengaku. Apakah karena api unggun, atau sengaja dibakar. "Dan untuk lahan yang terbakar, hingga saat ini belum ada yang merembes ke permukiman warga," ujar Sutan.

Ia menjelaskan, untuk kebakaran lahan ini paling banyak terjadi di Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Lubuk Begalung. Kemudian untuk proses pemadaman, sedikit mengalami kendala karena lokasi objek kebakaran sering sulit dijangkau menggunakan armada.

Selain itu lokasi yang jauh dan akses mobil yang terbatas untuk dapat mendekati titik api. Damkar Padang lanjut Sutan hanya menyambung sampai mana selang air. Sehingga pemadaman dilakukan sebisa mungkin. Sutan mengimbau untuk mencegah tidak terjadinya kebakaran lahan, agar warga tidak membakar sampah sembarangan. "Karena cuaca kemarau saat ini, kita kembali mengimbau agar warga tidak membakar sampah sembarangan," ucap Sutan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA