Kamis 07 Apr 2022 23:47 WIB

Silaturahmi ke Ponpes Al Munawir Krapyak, AHY Didoakan Sukses

Ketum Demokrat AHY lakukan safari Ramadhan ke Ponpes Al Munawir

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (29/3).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (29/3).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al Munawir, Krapyak, Rabu (6/4/2022).

AHY disambut langsung oleh Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal, istri almarhum Mbah Kyai Zainal, putra alm. KH. Muhammad Munawir, yang mendirikan pesantren bersejarah ini pada tahun 1911. Semasa hidupnya alm. Mbah Kyai Zainal  dekat dengan Pak SBY dan dianggap gurunya. Sedangkan semasa hidupnya, almh. Ibu Ani Yudhoyono bersahabat baik dengan Bu Nyai Ida.

Baca Juga

 

"Sudah lama saya ingin ke Krapyak, namun baru sekarang ada kesempatannya. Tadi pagi saya juga cerita ke Pak SBY bahwa akan mampir ke sini, beliau titip salam buat semuanya," ucap AHY dalam keterangan tertulis. 

 

Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal mengaku senang dengan kunjungan AHY. Ia mengatakan, menyambung silaturahmi sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

 

"Saya langsung buka-buka kitab, dan ketemu hadits. Rasulullah Saw pernah bersabda Mas, peliharalah sahabat-sahabat dari orang tuamu, insya Allah besok di hari kiamat bersinarlah wajahnya. Mudah-mudahan apa yang disabdakan Rasulullah Saw benar-benar terjadi. Silaturahmi menambah umur, menambah rezeki," katanya pada AHY.

 

Bu Nyai Ida bersama para Kyai kemudian bersama-sama mendoakan almarhumah Bu Ani, mendoakan Ketum AHY serta mendoakan Indonesia agar menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghaffur (makmur, baik dibawah lindungan Allah yang Maha Pengampun).

 

Ponpes Al Munawir Krapyak merupakan pondok pesantren tertua di Yogyakarta. Semula didirikan untuk menghafal Al-Qur'an, ponpes Al Munawir kini berkembang pesat, dengan ribuan santri.

 

Pada kunjungan kali ini AHY didampingi, Wasekjen Agust Jovan Latuconsina, Kepala Departemen Agama dan Sosial DPP Partai Demokrat Munawar Fuad, Kabalitbang Tomi Satryatomo, Ketua DPD Partai Demokrat DIY Erlia Risti serta Sekretaris DPD Fuad Burhan.

 

Dari pihak ponpes, Bu Nyai didampingi pimpinan pengasuh ponpes KH. R. Abdul Hamid Abdul Qadir, Ketua Takmir Masjid Al Munawir Krapyak KH. Muhtarom Busyro, Imam Masjid Al Munawir Krapyak KH. Fuad Asnawi, Ketua Yayasan Al Munawir Krapyak KH. Fairuzi Afiq Dalhar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement