Cara Menghemat Pengeluaran Selama Ramadhan

Rep: Rossi Handayani / Red: Indira Rezkisari

Jumat 08 Apr 2022 01:28 WIB

Wanita berbelanja manisan untuk bulan suci Ramadhan. Foto: AP/Adel Hana Wanita berbelanja manisan untuk bulan suci Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Pengeluaran bahan makanan biasanya merupakan bagian terbesar dari belanja Ramadhan untuk rumah tangga. Keluarga akan cenderung berlebihan saat membeli barang untuk berbuka puasa, sahur, dan Idul Fitri.

Menurut survei yang dilakukan oleh AdColony dengan perusahaan riset GlobalWebIndex di Emirates pada Maret, 73 persen konsumen di Uni Emirat Arab (UEA) berencana untuk membeli bahan makanan dalam jumlah terbesar selama Ramadhan. Di sisi lain, berdasarkan laporan RedSeer Consulting, belanja bahan makanan dan fesyen akan mengalami kenaikan belanja paling signifikan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara selama Ramadhan tahun ini. Dengan masing-masing 87 persen dan 70 persen konsumen berencana untuk meningkatkan pengeluaran mereka dalam kategori ini.

Baca Juga

Pakar keuangan menyarankan konsumen  menyiapkan anggaran belanja Ramadhan untuk memberi gambaran tentang berapa banyak yang akan dibelanjakan selama bulan suci. Pembeli juga didesak untuk menepati anggaran mereka sebanyak mungkin.

“Cobalah berbelanja sekaligus. Ini akan menghindari perjalanan ekstra ke supermarket di mana ada kesempatan untuk membelanjakan lebih banyak,” kata Pakar kekayaan dan kesehatan serta pendiri Design Your Life, Rasheda Khatun Khan, dilansir dari laman The National News, Kamis (7/4/2022).

“Anda juga akan terhindar dari hiruk pikuk supermarket yang ekstra sibuk selama Ramadhan. Jika Anda membutuhkan produk segar yang tidak dapat dibeli untuk bertahan selama sebulan, maka putuskan pada tanggal mana Anda akan melakukan sisa belanja,” lanjutnya.

Konsumen juga disarankan untuk membuat daftar belanja yang mencakup seluruh bulan untuk menghindari pembelian impulsif. Menurut dia, konsumen dapat membeli beras, lentil, zaitun, dan yoghurt secara massal. Sertakan kotak tambahan kurma dan hadiah lainnya ketika  mengunjungi keluarga selama Ramadhan.

Khan mengatakan, pembeli dapat membandingkan beberapa penawaran Ramadhan yang tersedia di supermarket dan memilih yang terbaik. Sementara penduduk UEA juga dapat mengandalkan grup Facebook yang menyusun penawaran supermarket terbaik yang tersedia.

Di samping itu, Dirham Stretcher merupakan salah satu grup yang menyiapkan daftar kode diskon dan penawaran yang dikurasi. Kelompok ini bernegosiasi dengan toko dan supermarket online untuk menawarkan diskon tambahan kepada pengikut.

“Buat rencana makan dan beli hanya apa yang Anda butuhkan, jangan membeli apa pun yang Anda lihat hanya karena murah,” kata administrator Dirham Stretcher, Selma Abdelhamid.

“Ketahui dari mana harus membeli atau memesan. Manfaatkan penawaran bundel. Bandingkan harga secara online karena situs web umumnya lebih murah daripada supermarket dan dapatkan diskon tambahan dengan menggunakan kode,” lanjutnya.