Adab Suami Istri Ketika Berpuasa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 07 Apr 2022 14:59 WIB

Ilustrasi Suami Istri. Adab Suami Istri Ketika Berpuasa Foto: MGROL100 Ilustrasi Suami Istri. Adab Suami Istri Ketika Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan bulan penuh keutamaan, salah satunya adalah berlimpahnya pahala. Alangkah meruginya umat Islam apabila tidak memanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan.

Puasa merupakan kewajiban umat Islam di bulan Ramadhan, tidak hanya laki-laki tetapi juga perempuan yang telah mencapai aqil baligh. Ketua Dewan Dai-Daiah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Ustadzah Nurma Nugraha menjelaskan kewajiban puasa juga harus dilakukan oleh suami istri.

Baca Juga

"Karena berpuasa tidak hanya menahan lapar dan minum, tetapi juga seluruh anggota tubuh berpuasa maka bagi suami istri juga tidak boleh bersenggama di siang hari,"ujar dia kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Suami istri hendaknya menjaga batasan ketika puasa di siang hari. Namun demikian, untuk sekadar bersentuhan seperti mencium tangan untuk berpamitan pergi bekerja tidak masalah.

"Jika bersentuhan tetapi tidak menimbulkan syahwat maka tidak masalah namun apabila melanggar, maka hukumnya berdosa dan harus membayar kafarat," ujar dia.

Adapun kafarat yang harus dibayarkan dalam dalil disebutkan jika seseorang telah membatalkan puasa dengan melakukan hubungan suami istri, maka kaffarat untuk itu adalah puasa 60 hari untuk satu hari puasa yang dia batalkan. 

Jika seseorang tidak mampu berpuasa 60 hari, maka mereka harus memberi makan 60 orang miskin karena melanggar satu hari puasa. Fidyah dapat diberikan langsung kepada fakir miskin. 

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ

أَتَى رَجُلٌ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ هَلَكْتُ فَقَالَ مَا شَأْنُكَ قَالَ وَقَعْتُ عَلَى امْرَأَتِي فِي رَمَضَانَ قَالَ فَهَلْ تَجِدُ مَا تُعْتِقُ رَقَبَةً قَالَ لَا قَالَ فَهَلْ تَسْتَطِيعُ أَنْ تَصُومَ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ قَالَ لَا قَالَ فَهَلْ تَسْتَطِيعُ أَنْ تُطْعِمَ سِتِّينَ مِسْكِينًا قَالَ لَا قَالَ اجْلِسْ فَأُتِيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِعَرَقٍ فِيهِ تَمْرٌ فَقَالَ تَصَدَّقْ بِهِ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا بَيْنَ لَابَتَيْهَا أَهْلُ بَيْتٍ أَفْقَرُ مِنَّا فَضَحِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى بَدَتْ ثَنَايَاهُ قَالَ فَأَطْعِمْهُ إِيَّاهُمْ و قَالَ مُسَدَّدٌ فِي مَوْضِعٍ آخَرَ أَنْيَابُهُ

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ بِهَذَا الْحَدِيثِ بِمَعْنَاهُ زَادَ الزُّهْرِيُّ وَإِنَّمَا كَانَ هَذَا رُخْصَةً لَهُ خَاصَّةً فَلَوْ أَنَّ رَجُلًا فَعَلَ ذَلِكَ الْيَوْمَ لَمْ يَكُنْ لَهُ بُدٌّ مِنْ التَّكْفِيرِ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ وَالْأَوْزَاعِيُّ وَمَنْصُورُ بْنُ الْمُعْتَمِرِ وَعِرَاكُ بْنُ مَالِكٍ عَلَى مَعْنَى ابْنِ عُيَيْنَةَ زَادَ فِيهِ الْأَوْزَاعِيُّ وَاسْتَغْفِرْ اللَّهَ

Dari Abu Hurairah, ia berkata; seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; aku telah binasa. Kemudian beliau berkata: "Ada apa denganmu?" Ia berkata; aku telah menggauli istriku pada Bulan Ramadhan. Beliau berkata: "Apakah engkau mendapatkan sesuatu untuk membebaskan budak?" Ia berkata; tidak. Beliau berkata: "Apakah engkau mampu untuk melakukan puasa dua bulan berturut-turut?" Ia berkata; tidak. Beliau berkata: "Apakah engkau mampu untuk memberi makan enam orang miskin?" ia berkata; tidak. Beliau berkata: "Duduklah." Kemudian diberikan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam satu keranjang yang berisi kurma, kemudian beliau berkata; bersedekahlah dengan ini. Lalu orang tersebut berkata; wahai Rasulullah, tidak ada diantara dua daerah yang berbatu hitam (yaitu Madinah) keluarga yang lebih fakir daripada kami. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tertawa hingga terlihat gigi-gigi serinya, beliau bersabda: "Berikanlah makan mereka dengannya." Musaddad berkata pada tempat yang lain; gigi-gigi taring beliau. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali, telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Az Zuhri dengan hadits ini dengan maknanya. Az Zuhri menambahkan; dan sesungguhnya hal ini merupakan keringanan khusus untuknya, seandainya seseorang melakukan hal tersebut sekarang maka ia harus membayar kafarah. (HR Abu Daud)