Jumat 08 Apr 2022 00:46 WIB

Telkomsel Aktif Gairahkan Industri eSport Lokal

Industri eSport memiliki revenue sebesar US$1,8 miliar di tahun 2020.

Rep: Anastasia AS (swa.co.id)/ Red: Anastasia AS (swa.co.id)
eSport, Bukan Lagi Games Iseng Pengisi Waktu Luang
eSport, Bukan Lagi Games Iseng Pengisi Waktu Luang

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam datanya menyebutkan, industri eSport memiliki revenue sebesar US$1,8 miliar di tahun 2020. Sementara, di tahun 2021, angka tersebut naik menjadi US$2,8 miliar. Sejalan dengan hal tersebut, Vero dan Decision Lab dalam studinya mengatakan industri ini memiliki stakeholder sebanyak 52 juta orang yang terdiri dari pemain, pelatih, hingga analis. Angka tersebut diramalkan akan meningkat seiring dengan diadopsinya eSport sebagai gaya hidup baru masyarakat.

Melihat antusiasme dan besarnya animo masyarakat pada industri tersebut, Telkomsel melalui dunia Games dan Indico, serta Melon Indonesia menyelenggarakan turnamen games Lokapala Jawara Nusantara pada tanggal 27 Maret 2022 lalu. Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam berharap ajang tersebut dapat membangkitkan rasa cinta dan bangga terhadap games eSport buatan lokal.

“Ajang ini merupakan salah satu sarana yang mampu membangkitkan rasa cinta dan bangga kita terhadap games eSports buatan lokal yang juga memiliki karakteristik kearifan lokal, sehingga dapat mendorong lebih banyak lagi munculnya games eSports lokal lainnya dan berkolaborasi bersama developer game lokal untuk memperkuat dominasi talenta lokal di industri game dan eSports Indonesia,” ujarnya.

Turnamen yang merebut animo masyarakat di 43 kota dan kabupaten tersebut diikuti oleh 1.075 peserta yang tergabung dalam 215 tim. Rangkaian turnamen ini dilakukan secara virtual melalui platform Dunia Games. Seluruh pertandingan dapat disaksikan dengan live streaming melalui platform dan channel YouTube Dunia Games.

Dalam grand final yang mempertandingkan empat tim tersebut, Jeet Capital berhasil mengalahkan Dewa United, yang kemudian dinobatkan sebagai peringkat kedua. Sedangkan untuk peringkat tiga dinobatkan kepada Rans Esports yang berhasil mengalahkan Bonafide Esports.

“Turnamen Lokapala Jawara Nusantara ini memiliki semangat membangun negeri hingga merupakan salah satu wadah perkembangan industri game lokal dalam melahirkan para atlet eSports professional, publisher game, dan developer game,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan. Dia beraharap perkembangan industri game lokal dan eSport dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebinekaan, wawasan kebangsaan, dan revolusi mental masyarakat.

Sebagai tambahan, Dunia Games merupakan platform game dan portal media eSports yang berada di bawah naungan Telkomsel. Platform ini tercatat telah diakses 15 juta pengunjung per bulannya. “Telkomsel sendiri telah mendorong penguatan potensi industri games sejak beberapa tahun terakhir. Kami memiliki unit bisnis Dunia Games yang telah berevolusi secara signifikan menjadi platform games paling berkembang di Indonesia,” kata Hendri. Ke depan, Hendri mengungkapkan akan meluncurkan Majamojo, perusahaan bisnis vertikal di bidang publisher games, yang menjadi bagian dari Indico, anak usaha Telkomsel di industri digital.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement