Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ai novianti

Ramadhan Penuh Keberkahan

Agama | Wednesday, 06 Apr 2022, 17:27 WIB

Bulan Ramadan jadi waktu yang istimewa dalam agama Islam. Di bulan yang suci ini, tiap umat muslim disarankan buat berpuasa serta melaksanakan banyak amal saleh. Bersedekah jadi salah satu yang disarankan. Alasannya, ada keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang buatnya lebih istimewa dengan banyak pahala kebaikan.

Sama semacam amalan kebaikan yang lain, Allah SWT menjamin pahala yang berlipat ganda untuk mereka yang bersedekah di bulan Ramadan. Terlebih, sedekah ialah amalan yang dicoba dengan menolong sesama. Sehingga, keberkahan dari sedekah tidak saja diperoleh orang yang melaksanakan, melainkan pula didapat mereka yang menerimanya.

Lalu, apa sajakah keutamaan sedekah di bulan Ramadan? Nah buat mengetahuinya, ikuti pembahasan berikut yang sudah kapanlagi. com rangkum dari bermacam sumber.

1. Ialah Sedekah Sangat Utama

Sedekah ialah ibadah yang dicoba dengan menghasilkan harta buat membantu sesama ataupun buat kepentingan ummat dalam kebaikan. Tetapi pastinya, sedekah wajib dicoba dengan ikhlas, sekedar bertujuan buat mendapatkan ridho Allah SWT.

Sedekah pada dasarnya dapat dikerjakan kapan saja, bukan saja pada bulan Ramadan, semacam ibadah puasa ataupun sholat tarawih. Cuma saja, pada bulan Ramadan umat muslim sangat disarankan buat bersedekah. Lantaran, Ramadan ialah bulan yang penuh dengan berkah kebaikan.

Anjuran sedekah di bulan Ramadan di informasikan langsung oleh Rasulullah SAW, dalam salah satu hadisnya, yang berbunyi:

" Dari Anas dikatakan, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya sangat utama? Rasul menanggapi, Sedekah di bulan Ramadan,"( HR At- Tirmidzi).

Tidak saja dalam satu hadis, anjuran Rasulullah SAW tentang bersedekah di bulan Ramadan pula ditemui dalam hadis lain yang berbunyi:

" Rasulullah SAW merupakan orang sangat dermawan di antara manusia yang lain, serta dia terus menjadi dermawan dikala terletak di bulan Ramadan,"( HR Bukhari serta Muslim).

2. Menemukan Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan lain bersedekah di bulan Ramadan merupakan ganjaran berbentuk pahala yang berlipat ganda. Semacam yang kita ketahui, pada bulan Ramadan, tiap ibadah serta amalan kebaikan hendak diganjar dengan pahala yang lebih berlipat ganda, tercantum bersedekah. Perihal tersebut sebagaimana yang tercantum dalam salah satu Hadis, berbunyi:

" Dari Abu Hurairah RA, dia mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, Seluruh amal kebaikan anak manusia hendak dilipatgandakan dengan 10 kebaikan seragam sampai 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, Kecuali puasa. Puasa merupakan milik- Ku. Saya sendiri yang hendak membalasnya sebab dia meninggalkan syahwat serta santapan demi Saya. Orang yang berpuasa mempunyai 2 kebahagiaan, ialah satu kebahagiaan dikala berbuka puasa serta satu kebahagiaan yang lain dikala menemui Tuhannya. Sangat bau mulutnya lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi,"( HR Muslim). sebagaimana dilansir juga di indek-news.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image