Jejak Islam di Spanyol Jadi Inspirasi Menu Ramadhan Mare Nostrum Jakarta

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 06 Apr 2022 15:45 WIB

Restoran Mare Nostrum Jakarta menghadirkan menu Ramadhan Delicacies yang terinspirasi dari jejak Islam di Andalusia. Foto: Dok Mare Nostrum Jakarta Restoran Mare Nostrum Jakarta menghadirkan menu Ramadhan Delicacies yang terinspirasi dari jejak Islam di Andalusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Restoran autentik Spanyol, Mare Nostrum Jakarta, menghadirkan menu spesial Ramadhan untuk pencinta kuliner. Restoran yang berlokasi di lantai 18 Hotel Grand Sahid Jaya Sudirman itu menyajikan Ramadhan Delicacies yang terdiri dari berbagai macam hidangan.

Memasuki bulan suci Ramadhan, Mare Nostrum Jakarta terinspirasi untuk menghadirkan hidangan khas yang mengenalkan jejak Islam di Spanyol sehingga suka cita berburu dan menikmati hidangan spesial untuk berbuka puasa lebih mengena. Negara di Eropa tersebut masih memiliki tradisi kental warisan sejarah Islam. 

 

Spanyol yang dahulu dikenal dengan sebutan Al-Andalus merupakan jalur utama Islam masuk ke benua Eropa. Bangsa Arab atau yang dikenal dengan sebutan bangsa Moor mulai meninggalkan jejak tradisi Islam di wilayah Spanyol dan sekitarnya.

 

Jejak tradisi itu bisa dilihat melalui berbagai bangunan terkenal di wilayah selatan Spanyol berikut makanan khasnya. Untuk itulah, Ramadhan tahun ini Mare Nostrum Jakarta menggandeng para chef bintang Michelin asal Barcelona, Spanyol, untuk menciptakan aneka kreasi menu khas.

 

Mereka adalah Eduard Xatruch, Oriol Castro, dan Mateu Casañas.  Salah satu menu Ramadhan Delicacies ialah tempura dates, kurma yang digoreng dengan madu dan bunga jeruk, disajikan sebelum makanan pembuka. Mare Nostrum juga akan menyajikan tangerine tea untuk takjil selama Ramadhan, yakni teh mint maroko and foam jeruk mandarin.

 

photo