Kamis 07 Apr 2022 06:29 WIB

Wajib Anda Pelajari! Berikut 5 Cara Mengoptimalkan Aplikasi Kasir

Terjadinya pandemi akibat virus covid-19 dan perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat sistem perdagangan mengalami perubahan besar.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Pembeli bertransaksi nontunai melalui QRIS di Pasar Santa, Jakarta, Senin (6/12/2021). Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menyebutkan hingga per akhir November 2021, sebanyak 2.055.964 unit usaha (merchant) di Ibu Kota telah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam digitalisasi transaksi. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Pembeli bertransaksi nontunai melalui QRIS di Pasar Santa, Jakarta, Senin (6/12/2021). Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menyebutkan hingga per akhir November 2021, sebanyak 2.055.964 unit usaha (merchant) di Ibu Kota telah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam digitalisasi transaksi. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Terjadinya pandemi akibat virus covid-19 dan perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat sistem perdagangan mengalami perubahan besar. Terutama perihal transaksi penjualan yang kini lebih banyak dilakukan secara online.

Sehingga aplikasi kasir online atau POS (point of sale) pun semakin banyak digunakan. Berikut cara mengoptimalkan aplikasi kasir yang perlu dipahami, seperti dirangkum, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga: Nggak Pakai Lama Belanja Online di Alfagift, Segini Keunggulannya

Mengoptimalkan Aplikasi Kasir Online

1. Mempelajari Jenis Sistem Aplikasi

Aplikasi POS atau point of sales merupakan sistem penjualan yang mempunyai elemen kasir online. Dimana sistem point of sales tersebut adalah kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras, yang memungkinkan pelaku usaha untuk menerima sekaligus memproses pembayaran masuk dengan mudah.

Baca Juga: Mulai 1 Ramadan, Pos Indonesia Sebar Gerai di Pusat Perbelanjaan dan Rilis KemasanKhusus!

Itulah kenapa sistem POS ini banyak dimanfaatkan bagi pelaku usaha yang melakukan penjualan online, dimana hal tersebut kini menjadi trend di masa sekarang. Cara kerjanya sendiri yaitu dengan memandu konsumen lewat beberapa langkah yang selanjutnya ditutup dengan pembelian.

Jadi pertama konsumen memilih barang, kemudian sistem akan menampilkan harga atas barang tersebut. Berikutnya konsumen bisa membayar sesuai dengan harga tertera dan sistem menyelesaikan transaksi. Meski begitu, sistem aplikasi kasir tersebut memiliki beberapa jenis yang berbeda tergantung produk yang anda jual.

Beberapa jenis aplikasi POS antara lain sistem POS restoran, sistem POS ritel, serta sistem POS toko kelontong dan toko serba ada. Untuk sistem POS restoran, memiliki interface yang sederhana dan intuitif sehingga dapat mempercepat pesanan pelanggan. Sementara sistem POS untuk penjualan produk ritel biasanya memiliki fitur yang memudahkan untuk mencari item produk tertentu.

2. Mengetahui Aplikasi yang Sesuai Kebutuhan

Cara mengoptimalkan aplikasi kasir berikutnya selain memahami jenis jenisnya yaitu mengetahui yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Untuk mengetahui hal ini, ada beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab. Pertama, apakah anda membuka usaha baru ? Sebab jika usaha masih baru maka aplikasi POS yang sederhana dan mudah digunakan sudah cukup.

Lalu pertanyaan kedua, apakah anda ingin meningkatkan efisiensi dari mesin kasir lama. Misalnya jika dirasa sistem pembayaran yang digunakan sebelumnya kurang maksimal, maka anda bisa menambahkan fitur tambahan pada aplikasi POS. Contohnya pada software Olsera, bisa ditambahkan dengan pembayaran QRIS yang dapat mempercepat proses pembayaran.

Kemudian pertanyaan ketiga, apakah anda ingin beralih dari sistem POS yang berbeda. Dalam hal ini yang perlu dipikirkan yaitu masalah apa yang tidak bisa dipecahkan oleh sistem POS anda saat itu, dan bagaimana sistem yang baru mungkin dapat menyelesaikan masalah tersebut. Untuk ini, tentu anda perlu membandingkan solusi POS pada berbagai sistem aplikasi.

3. Pelajari Cara Memanfaatkan Analisis Laporan

Mempelajari cara memanfaatkan analisis laporan pada sistem bisa menjadi cara mengoptimalkan aplikasi kasir untuk kemajuan usaha. Karena pencatatan dan pembuatan laporan penjualan memang menjadi salah satu kelemahan yang sering ditemukan pada usaha dagang, terutama pada usaha rumahan.

Sehingga perlu diketahui bahwa aplikasi kasir online dapat membantu anda melakukan analisis laporan penjualan usaha. Adapun beberapa kelebihannya yaitu mempunyai penyimpanan laporan keuangan, pembukuan penjualan bisa lebih akurat, dan mampu mencatat stok barang secara otomatis.

Jangan sampai anda tidak memanfaatkan ketiga hal tersebut selama menggunakan sistem point of sales. Karena pedagang yang tidak mempunyai pencatatan penjualan akurat, pada beberapa kasus banyak ditemukan mencampuradukkan pengelolaan keuangan usaha dan pribadi mereka. Hal ini bahkan memicu pengeluaran yang tidak semestinya dan berdampak pada kerugian usaha.

4. Memahami Cara Pembayaran pada Aplikasi

Cara mengoptimalkan aplikasi kasir selanjutnya yaitu dengan memahami cara pembayaran yang digunakan. Umumnya saat ini aplikasi POS yang bagus seperti Olsera, menggunakan menghadirkan sistem pembayaran dengan QRIS. Jadi proses pembayaran dilakukan menggunakan barcode scanner, sehingga kode barang dapat diinput hanya dalam hitungan detik saja.

Kemudahan tersebut akan membuat pekerjaan menjadi lebih praktis, bahkan meningkatkan pelayanan pada konsumen. Sehingga turut berdampak pada kepuasan pelanggan yang nantinya mampu menciptakan deretan konsumen loyal. Selain pembayaran dengan QRIS, sebaiknya pastikan bahwa software POS yang dipilih memungkinkan berbagai bentuk pembayaran seperti kartu debit dan kredit.

5. Mempelajari Tingkat Keamanan Aplikasi

Mempelajari tingkat keamanan aplikasi tidak kalah penting untuk dilakukan. Karena keamanan sistem point of sales bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi konsumen, sehingga mereka bisa melakukan transaksi dengan nyaman. Itulah mengapa penting bagi anda untuk melakukan cara mengoptimalkan aplikasi kasir dengan mempelajari tingkat keamanannya.

Dimana penyedia aplikasi dituntut agar dapat melakukan pencegahan akses tidak sah ke sistem. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengembang yaitu melakukan enkripsi semua data POS, menerapkan daftar putih aplikasi, memperbarui perangkat lunak, serta melakukan pengujian kerentanan secara teratur.

Demikian beberapa cara yang sebaiknya dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi POS untuk mendukung kemajuan usaha. Seperti yang telah disinggung pada ulasan di atas, software Olsera memiliki beberapa fitur yang mendukung penjualan masa kini sehingga layak dipertimbangkan. Lebih lanjut tentang fitur fitur Olsera bisa langsung dicek pada situs olsera.com.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement