Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KEMENKUMHAM JOGJA

Karakter ASN: Taat Aturan, Loyal, dan Bertanggung Jawab

Info Terkini | Wednesday, 06 Apr 2022, 08:10 WIB
Peserta Orientasi I melaporkan kesiapan menerima materi kepada narasumber Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Imam Jauhari, Kamis (5/4/2022) (Foto/artikel: Nur Azizah Rizki A/edit: Iqbal)

YOGYAKARTA - Aparatur Sipil Negara atau disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Pada 2021 lalu, sebanyak 4.558 peserta lulus seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM. Sebanyak 26 CPNS menjadi bagian dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kemenkumham DIY) yang kini tengah mengikuti masa Orientasi I.

Salah satu narasumber orientasi CPNS tersebut yakni Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Imam Jauhari yang memaparkan materi mengenai Etika Birokrasi dan Pembentukan Karakter ASN yang Ber-AKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa.

"Semua dinilai dari kinerja. Semoga kalian semua memiliki hati yang kuat, wawasannya luas. Banyak rintangan yang akan kalian hadapi, oleh karenanya diperlukan mental yang kuat agar kalian bisa berhasil. Kalian sudah bekerja sebagai calon ASN yang sudah dibungkus dengan aturan," jelasnya.

Kakanwil Kemenkumham DIY Imam Jauhari saat mempresentasikan materi di hadapan peserta Orientasi I CPNS di Aula Kanwil Kemenkumham DIY

Etika Birokrasi, menurut Imam, berkaitan erat dengan moralitas dan mentalitas aparat birokrasi dalam melaksanakan fungsi pemerintahan, diantaranya fungsi pelayanan, pengaturan atau regulasi, dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Ia juga mewanti-wanti agar para CPNS tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang melanggar etika birokrasi.

"Kalian diterima di lingkungan Kanwil ini dengan baik, dengan terhormat, tidak ada minta tolong dan mengeluarkan uang. Oleh karenanya, berikanlah kepada Kanwil Kemenkumham DIY pekerjaan yang terhormat juga. Jangan langgar aturan, tunjukkan bahwa kalian mampu. Saya tunggu kiprahnya, saya tunggu kinerjanya," tegas Imam kepada seluruh peserta Orientasi I yang digelar di Aula Kanwil Kemenkumham DIY, Selasa (5/4/2022).

Antusiasme peserta Orientasi I CPNS di Kanwil Kemenkumham DIY

Usai menerima pembekalan dari Kepala Kantor Wilayah, CPNS akan menerima materi dari para Kepala Divisi yang menjelaskan tugas dan fungsi dari masing-masing divisi di Kanwil Kemenkumham DIY. Sebelumnya, Imam terlebih dulu memberikan motivasi kepada para Insan Pengayoman baru untuk selalu bekerja keras dan loyal dalam bekerja.

"Tidak mungkin pimpinan mencari orang yang malas, yang dicari adalah orang yang loyal, yang rajin, yang pintar. Tunjukkan kalian mampu bekerja, loyal, dan tanggung jawab," ujar Imam.

Imam juga menegaskan bahwa penting bagi para CPNS untuk memiliki sifat tangguh dan bermental kuat dalam bekerja di Kementerian yang dipimpin Yasonna H Laoly ini. ASN yang baik, kata Imam, harus siap memberikan kinerja terbaik di manapun dia ditempatkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image