Rabu 06 Apr 2022 09:01 WIB

Futsal UMM Raih Medali Perunggu di Tingkat Provinsi Jatim

Di fase 16 dan 8 besar, tim bermain tanpa kiper murni.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Futsal Regional Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (22/7).
Foto: Dok UMM
Pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Futsal Regional Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (22/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tim futsal Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet medali perunggu pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur. Babak akhir kegiatan ini berlangsung pada akhir Maret lalu.

Salah satu anggota tim, Dandy Ananda Satria menceritakan, timnya telah melakukan persiapan yang cukup lama, kurang lebih selama satu tahun. Dalam waktu itu, para anggota tim melakukan latihan ketat yang telah diatur oleh pelatih. “Kami melakukan latihan selama satu tahun dengan durasi latihan tiga kali sepekan," katanya.

Tidak hanya mempersiapkan diri untuk Pomprov, latihan tersebut juga ditujukan untuk persiapan kejuaraan lain. Di antaranya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang akan dilaksanakan di Kota Bandung pada Mei mendatang.

Mahasiswa Jurusan Manajemen UMM ini tak menampik, banyak kendala yang terjadi selama perlombaan berlangsung. Beberapa hal yang paling memengaruhi performa tim adalah cedera dan akumulasi kartu kuning. Minimnya jumlah anggota juga membuat beberapa peran penting menjadi terganggu.

Ketika di fase 16 dan 8 besar, tim bermain tanpa kiper murni. Hal ini terjadi karena kedua kiper timnya mengalami cedera serius di pertandingan sebelumnya. Hal itu membuat mereka tidak bisa melanjutkan pertandingan sehingga peran kiper akhirnya diambil alih oleh anggota yang berada di posisi lain.

Banyak orang yang pesimistis tim futsal UMM dapat maju ke babak selanjutnya. Dandy mengatakan bahwa dari awal, tim futsal memang tidak diunggulkan untuk membawa pulang medali. Kendala yang terjadi juga menjadi tantangan yang berat bagi anggota tim.

Meskipun begitu dengan semangat dan kerja keras, mereka dapat melangkah sampai ke semi final dan memperoleh medali perunggu.

“Meskipun sedikit terseok, kami bangga karena bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan dan mengamankan satu medali untuk kampus tercinta. Saya tentu berharap tim ini bisa semakin solid dan kuat sehingga kami bisa membawa pulang gelar juara di perlombaan-perlombaan selanjutnya,” kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement