Rabu 06 Apr 2022 03:10 WIB

Obby Khan, Muslim Kanada Pertama yang Terpilih Jadi Anggota Dewan di Manitoba

Saat dilantik menjadi anggota dewan, Obby Khan memegang mushaf Alquran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Obby Khan Saat dilantik menjadi anggota dewan, Khan memegang mushaf Alquran.
Foto: dok cbc news
Obby Khan Saat dilantik menjadi anggota dewan, Khan memegang mushaf Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, MANITOBA -- Nama Obby Khan menjadi pembicaraan baru di Manitoba, salah satu provinsi di Kanada. Pria itu mencatatkan sejarah baru setelah menjadi Anggota Dewan Legislatif Muslim pertama di Manitoba, Kanada. Saat dilantik menjadi anggota dewan, Khan memegang mushaf Alquran.

Sebelumnya belum pernah ada Anggota Dewan Legislatif di Manitoba yang menggunakan kitab suci Islam untuk mengambil sumpah jabatan mereka, sampai Khan dilantik sebagai anggota dewan legislatif baru untuk Fort Whyte pada Senin (4/4) waktu setempat.

Baca Juga

"Itu adalah momen yang sangat menyentuh hati saya. Keluarga saya ada di sini. Ibuku ada di sini, dia menangis dan keluarga saya menangis. Menjadi anggota dewan legislatif Muslim pertama dalam sejarah Manitoba bukanlah hal yang saya anggap enteng," tutur Khan, seperti dilansir CBC, Selasa (5/4/2022).

"Merupakan kehormatan besar bagi saya memiliki kesempatan untuk menjadi yang pertama. Sangat penting bagi anak-anak untuk melihatnya, tumbuh dan berkata, 'Hei, saya terlihat seperti orang itu, saya bisa berada di sana. Dia melakukannya. Saya bisa melakukannya. Saya bisa membuat perbedaan. Saya bisa membantu orang,'" tambahnya.

Dalam beberapa pekan ini, Khan telah didekati lebih banyak orang yang senang dengan perbedaan yang bisa dia buat dalam hidup mereka sebagai politisi. Kemudian, dalam pidato pertamanya di ruang legislatif, Khan menyampaikan salam yang biasa diucapkan seorang Muslim, "Assalamu'alaikum".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement