Selasa 05 Apr 2022 21:14 WIB

Erick Thohir Dinilai Kandidat Presiden Paling Diterima Semua Kalangan

Erick dinilai figur capres maupun cawapres paling potensial dari luar Pulau Jawa.

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai capres atau cawapres paling potensial.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai capres atau cawapres paling potensial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik Surokim Abdussalam menilai peningkatan elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir menjadi modal besar untuk menatap Pilpres 2024. Dengan elektabilitas yang meningkat tersebut Erick Thohir menjadi figur capres maupun cawapres paling potensial dari luar Pulau Jawa.

“Erick Thohir menjadi alternatif, penyeimbang dan menjadi daya penguat. Selama ini sentimen itu juga bisa menjadi penguat untuk berpasangan dan saya pikir bisa menjadi nilai plus,” ujar Surokim, Selasa (5/4/2022).

Pernyataan tersebut pun sejalan dengan hasil dari survei Indikator Politik Indonesia, yang dilakukan pada 11-21 Februari 2022. Dalam hasil survei bertajuk 'Trust Terhadap Institusi Politik, Isu-isu Mutakhir, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu Serentak 2024' tersebut, elektabilitasi Erick Thohir terekam mengalami tren kenaikan.

Bahkan, mantan ketua TKN Jokowi-Ma'ruf 2019 ini memiliki kemampuan untuk mendongkrak elektabilitas setiap calon yang dipasangkan. Di mana dari simulasi tiga pasangan calon yang dikeluarkan oleh Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir berhasil mendulang 32,2 persen suara, saat dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Berhasil mengalahkan nama-nama besar yang telah lebih dulu terjun ke dunia politik seperti Prabowo Subianto-Puan Maharani dengan 28,7 persen, hingga Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono dengan 27,4 persen. Lebih lanjut, Surokim yakin, hal itu juga tak lepas dari kontribusi positif Erick Thohir selama ini, baik itu sebelum menjabat di kementerian maupun setelah diamanahi sebagai Menteri BUMN.

Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga dinilai bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat, sehingga menjadi nilai pembeda dibandingkan dengan kandidat lain yang berada di dalam bursa capres. “Erick Thohir adalah salah satu sosok yang bisa diterima oleh semua kalangan, dan bisa memenuhi unsur-unsur dan keunggulan kompetitif tersebut, yang bisa jadi tidak dimiliki oleh kandidat lain,” tutur Surokim.

Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) ini berkata peningkatan elektabilitas Erick Thohir yang terjadi tak lepas dari kiprah di panggung politik nasional kenegaraan. Selain tentunya diiringi buah dari kinerja positif dan dukungan dari ragam kalangan masyarakat.

“Pengaruh elektabilitas itu tentu saja tidak terlepas dari kiprah beliau ada di panggung politik nasional kenegaraan akhir-akhir ini yang bisa menggerek dan melambungkan nama Erick Thohir di publik,” pungkas Surokim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement