Masjid Agung Baiturrahman Biak Ramadhan Sediakan 200 Paket Takjil Buka Puasa  

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Selasa 05 Apr 2022 19:58 WIB

Takjil (ilustrasi).. Program Takjil Masjid Baiturrahman Biak untuk semarakkan Ramadhan  Foto: Republika/Musiron Takjil (ilustrasi).. Program Takjil Masjid Baiturrahman Biak untuk semarakkan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK— Pengurus takmir Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Biak Numfor, Papua, setiap hari menyediakan sebanyak 150 hingga 200 paket makanan takjil untuk berbuka puasa bersama selama bulan Ramadhan 1443 Hijriyah untuk umat Muslim di wilayah itu.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid Agung Baiturrahman Biak, H Andi Firman Madjadi, di Biak, Selasa (5/4/2022), mengatakan penyediaan paket takjil buka puasa merupakan salah satu program dalam menyemarakkan bulan puasa Ramadhan 1443 Hijriyah.

Baca Juga

"Hidangan paket makanan takjil buka puasa disiapkan sejak pukul 17.00 WIT. Ya, ini merupakan kepedulian dari takmir masjid untuk memenuhi kebutuhan jamaah selama Ramadhan," ungkap Andi Firman.

Setiap hari seratusan jamaah Muslim dari berbagai kampung/kelurahan di kota Biak mengikuti kegiatan buka puasa bersama.

Jamaah yang hadir dalam buka puasa bersama diminta tetap memperhatikan prokol kesehatan karena saat ini masih dalam suasana pandemi.

"Umat Islam yang hadir harus memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun yang disediakan di tempat wudhu masjid," ujar mantan anggota DPRD Biak tiga periode itu.

Pantauan ANTARA, Selasa sore pukul 17.45 WIT sejumlah masjid di kota Biak dan sekitarnya, di antaranya Masjid Al Hafidz, Masjid Al Mukminin, Masjid Al Ikjlasjuga menggelar buka puasa bersama. 

Sementara itu, secara terpisah selama Ramadhan 1443 H ini, ada tujuh Pasa Pabukoan beroperasi di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Pasar pabukoan atau pasar yang menjual aneka takjil ini tersebar di beberapa kelurahan. 

Di antaranya, Pasa Pabukoan Kelurahan Balai-Balai di sepanjang jalan menuju GOR Bancah Laweh, Kelurahan Tanah Hitam di depan rumah Bidan Erna, Kelurahan Pasar Usang di komplek Pasar Globe. 

Lalu, di Kelurahan Ganting di Tanjung, Kelurahan Koto Panjang di Bancah Laweh, Kelurahan Ekor Lubuk di Simpang 4 Gunung, dan Pasar Baru di depan Kantor Lurah Pasar Baru. 

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM), Jevie C Eka Putra, mengatakan Pasa Pabukoan ini akan beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pengamanan dari beberapa personel Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

"Pemko berharap kegiatan Pasa Pabukoan yang tersebar di berbagai kelurahan akan membantu pemulihan ekonomi pascapandemi. Masyarakat juga diharapkan membeli pabukoan tersebut agar uang berputar di kota kita," kata Jevie, Senin (4/4/2022). Pasar pabukoan ini menjual aneka takjil berbuka puasa. Seperti makanan ringan, lauk pauk, berbagai jenis minuman, kue-kue, aneka gorengan, dan lain-lain.