Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Amalan Sederhana untuk Peroleh Istana di Surga

Selasa 05 Apr 2022 19:55 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi Surga. Amalan Sederhana untuk Peroleh Istana di Surga

Ilustrasi Surga. Amalan Sederhana untuk Peroleh Istana di Surga

Foto: Pixabay
Banyak cara bagi umat Muslim untuk menggapai surga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara bagi umat Muslim untuk menggapai surga. Anggota Komite Tertinggi untuk Dakwah pada Al-Azhar Kairo Mesir, Syekh Dr Ramadhan Abdul Razak menyampaikan ada hal sederhana yang jika dilakukan secara rutin setiap hari maka seorang Muslim akan dibuatkan istana di surga.

Dia pun mengutip hadits yang di dalamnya Rasulullah SAW bersabda, "Siapa dalam sehari semalam melaksanakan sholat sunnah 12 rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya rumah di surga. Yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat setelah Isya dan dua rakaat sebelum Subuh." (HR Tirmidzi)

Baca Juga

Riwayat lain dari Ummu Habibah, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang hamba Muslim mengerjakan sholat tathawwu' selain sholat fardhu, sebanyak 12 rakaat dalam sehari semalam karena (mengharap ridha) Allah, melainkan Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga, (atau melainkan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di Surga)." (HR Muslim)

Dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa "Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali akan dihisab kelak pada hari kiamat adalah sholatnya.

Rasulullah melanjutkan, "Allah SWT berfirman kepada para malaikat-Nya, sedangkan dia lebih mengetahui. Lihatlah sholat hamba-Ku, sudahkah dia melaksanakannya dengan sempurna ataukah terdapat kekurangan? 'Bila ibadahnya telah sempurna maka tuliskanlah untuknya pahala yang sempurna pula.

Namun bila ada sedikit kekurangan darinya, maka Allah berfirman, "Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah dan bila dia memiliki sholat sunnah maka Allah berfirman sempurnakanlah untuk hamba-Ku kekurangannya pada sholat wajib dengan sholat sunnahnya. Demikian semua ibadah akan menjalani proses yang serupa."

Syekh Abdul Razak juga menjelaskan, banyak bertasbih di siang hari juga akan diganjar dengan pahala yang besar. "Jika kamu bertasbih 100 kali maka akan dicatat sebagai 1.000 perbuatan baik dan menghapus 1.000 keburukan," kata dia.

Sumber: https://www.elbalad.news/5228544

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA