Alasan DKI Jakarta Pilih JIS Sebagai Lokasi Sholat Idul Fitri

Red: Ani Nursalikah

Selasa 05 Apr 2022 16:04 WIB

Suasana pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/3/2022). Berdasarkan laporan mingguan ke-131 dari PT Jakarta Propertindo mencatat bahwa progres realisasi pembangunan stadion yang diproyeksikan berkapasitas 82.000 penonton itu telah mencapai 98,26 persen. Foto: Antara/Aprilio Akbar Suasana pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/3/2022). Berdasarkan laporan mingguan ke-131 dari PT Jakarta Propertindo mencatat bahwa progres realisasi pembangunan stadion yang diproyeksikan berkapasitas 82.000 penonton itu telah mencapai 98,26 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pemilihan lokasi Sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) untuk promosi DKI Jakarta memiliki stadion baru.

"Tempatnya di situ luas, strategis, sambil juga bersyukur sudah jadi stadion yang kami banggakan ini, juga sambil sosialisasi, mempromosikan," kata Riza Patria di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga

Ia mengharapkan masyarakat ikut membantu mempromosikan stadion yang berada di Jakarta Utara itu karena berstandar internasional. "Mari jaga dan rawat dan gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat umum," katanya.

Riza mengajak warga Jakarta untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri salah satunya di JIS. "Insya Allah nanti, sementara kami gunakan untuk Sholat Idul Fitri. Silakan nanti rakyat Jakarta, yang ingin Sholat Idul Fitri, bisa salah satunya di JIS," ucap Riza.

photo
Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Kawasan Papanggo, Tangjung Priuk, Jakarta Utara, Selasa (21/12). Stadion terbesar di Asia yang dirancang sesuai standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) tersebut mampu menampung 82.000 penonton. kini pada pekan ke 120 progres pembangunan sudah mencapai 80,99 persen dan ditargetkan rampung pada Maret 2022 mendatang. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

 

Namun, belum diketahui apakah lokasi sholat akan menggunakan area dalam stadion utama atau di luar stadion utama. Sebelumnya, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Gunas Mahdianto mengatakan selain menjadi lokasi Sholat Idul Fitri, Pemprov DKI juga berencana mengadakan Festival Malam Takbiran di JIS pada malam Lebaran.

Kedua agenda itu merupakan bagian kegiatan yang direncanakan Pemprov DKI menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriyah Sebelumnya, pembangunan mega proyek Jakarta International Stadium (JIS) sudah mencapai 98 persen per Ahad (13/3/2022). Rencananya, JIS akan diresmikan dalam waktu dekat.