Menu Buka Puasa Sederhana tanpa Ribet

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Selasa 05 Apr 2022 15:25 WIB

Menu buka puasa bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Foto: www.pixabay.com Menu buka puasa bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak hidangan buka puasa kerap dianggap merepotkan bagi sebagian orang. Padahal ada banyak jenis takjil dan hidangan utama yang mudah dan tidak perlu memerlukan bahan yang sulit ketika dimasak. Nah kali ini, Executive Chef Hotel Mercure PIK Jakarta, Agus Stiono, memberikan beberapa rekomendasi hidangan buka puasa tanpa ribet.

Untuk hidangan takjil yang simple namun menyegarkan, es buah jadi rekomendasi Agus. Menurut dia, es buah tidak perlu melewati proses memasak dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Baca Juga

“Kita bisa pakai bahan-bahan yang di rumah, bisa pakai buah yang ada apa aja, terus pakai es dan sirup. Enaknya kalau bikin sendiri kita bisa sesuaikan gula sesuai dengan batas toleransi kita kan,” kata Agus saat diwawancarai di kantor Republika, beberapa waktu lalu.

Sementara untuk hidangan utama, Agus merekomendasikan karedok atau ikan bakar sambal dabu-dabu. Menurut dia, hidangan dari Sunda dan Manado itu sudah cukup membangkitkan selera makan dan memasaknya pun tidak rumit.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyiapkan kedua hidangan tersebut. Pertama, ketika membuat karedok penting untuk memastikan sayuran yang dipilih masih segar dan sayurannya juga harus dipotong saat itu juga.

“Jangan sampai sayurannya udah dipotong-potong dari kemarin atau dari siang, nanti nggak segar lagi,” kata Agus.

Untuk menambah asupan protein, Anda juga bisa menambahkan telur rebus. Setelah itu, lanjut Agus, pastikan kacang yang akan dipakai bumbu digoreng dengan sempurna dan tidak gosong. Karena jika gosong, itu akan memengaruhi citarasa bumbu kacangnya.

“Bumbu kacang itu kuncinya. Jadi bumbunya nggak bisa sembarangan juga. Kacangnya harus digoreng sempurna, jangan sampai gosong, kalau gosong berantakan deh, di api kecil aja, sebelum gosong kita harus angkat,” jelas dia.

Kemudian untuk ikan bakar dabu-dabu, hal yang perlu diperhatikan adalah kesegaran sayuran. Karena dabu-dabu dibuat dari tomat, cabai,bawang, hingga daun kemangi yang mentah dan dipotong-potong.

“Sementara kalau ikan dibakar biasa saja, dan sambal dabu-dabunya itu harus segar. Jadi memang motong sayurannya harus saat itu juga,” jelas dia.