Meraih Keutamaan Sholat Tarawih

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

Selasa 05 Apr 2022 13:00 WIB

Sholat tarawih (ilustrasi) Foto: Republika Sholat tarawih (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat tarawih  sangat istimewa karena tarawih hanya bisa dikerjakan pada bulan suci Ramadhan. Banyak keutamaan bagi orang yang mengerjakan sholat tarawih. Salah satu di antaranya adalah diampunkan dosa.  Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لِرَمَضَانَ مَنْ قَامَهُ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Baca Juga

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Salamah bahwa Abu Hurairah radhiallahu'anhu berkata, Rasulullah ﷺ berkata tentang bulan Ramadan, "Barangsiapa yang menegakkannya karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dari-Nya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya". (HR. Bukhari).

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. KH. Asep Usman Ismail menjelaskan kata qamahu dalam hadits tersebut adalah qiyamu ramadhan atau sholat sunah tarawih. Sebab tarawih hanya bida dilakukan pada Ramadhan. Sementara tarawih sendiri berasal dari kata roha yang artinya istirahat atau rileks. 

Prof Asep yang juga pengampu mata kuliah tasawuf dan akhlak mengatakan dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa untuk menggapai keutamaan dari ibadah tarawih yakni diampuninya dosa maka terdapat dua syarat. Pertama yakni menjalankan qoyamu ramadhan dengan dasar iman kepada Allah SWT. 

"Ditafsirkan oleh ulama yaini motifnya karena iman kepada Allah. Motif itu menjadi niat, niatnya taqorub ilallah (ingin dekat dengan Allah). Setelah ingin dekat, ada target ada harapan. Harapannya ingin mendapat ridho Allah, dan dilakukan dengan hati yang bersih, tak ada motif lain kecuali dari hati yang bersih, jernih, bening, itulah namanya Imanan," kata Prof Asep saat mengisi kajian Ramadhan di Masjid Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran Jakarta pada Senin (4/4/2022).