Selasa 05 Apr 2022 11:00 WIB

Achmad Subagja, Mahasiswa UNM yang Mampu Gali Hobi Jadi Prestasi

Mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang apapun harus terus dikembangkan

Achmad Subagja, mahasiswa Univeristas Nusa Mandiri (UNM) prodi Sistem Informasi yang merupakan salah satu mahasiswa UNM yang memiliki hobi fotografi.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Achmad Subagja, mahasiswa Univeristas Nusa Mandiri (UNM) prodi Sistem Informasi yang merupakan salah satu mahasiswa UNM yang memiliki hobi fotografi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Fotografi diartikan sebagai seni penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan. Seringkali orang beranggapan mengambil sebuah foto merupakan hal yang sangat mudah. Banyak yang menganggap bahwa mengambil foto itu hanya sekedar pencet tombol lalu jadilah sebuah foto yang bagus. 

Padahal dalam kenyataanya banyak sekali aspek yang harus dipelajari untuk dapat menghasilkan sebuah foto yang bagus. Hal itu yang menyebabkan seni fotografi sangat jarang diminati oleh kalangan mahasiswa.

Achmad Subagja, mahasiswa Univeristas Nusa Mandiri (UNM) prodi Sistem Informasi yang merupakan salah satu mahasiswa UNM yang memiliki hobi fotografi. Ia mengatakan salah satu bentuk realisasi dari hobi dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan perlombaan. 

“Saya hobi membidik objek dengan kamera, dari hobi ini saya coba untuk aktif dalam berbagai perlombaan,” katanya dalam rilis yang diterima, Selasa (5/4/2022).

Kemudian, ia bercerita bahwa baru-baru ini berhasil mendapat juara 3 lomba Fiducia Photo Competetion 2022 tingkat Nasional yang diumumkan secara daring. Acara ini diselenggarakan oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Penerbitan Kampus "Fiducia" Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Surabaya. 

“Gambar yang dilombakan menggambarkan seorang pria tengah menjemur kerupuk di bawah sinar matahari. Kenapa saya pilih memotret objek ini? Sebab, saya ingin mengambil momen foto pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sedang menjemur kerupuk,” jelasnya.

Pesan yang diambil dari foto ini, ungkapnya bahwa dalam situasi saat ini jangan banyak mengeluh, sebab semua orang memang sedang berjuang untuk dirinya dan keluarga. 

“Jadi, jangan lupa untuk tetap bersyukur dan pantang menyerah pada keadaan. Hal ini, sesuai dengan tema lomba yakni Lensa Kehidupan di Era New Normal,” katanya.

Akhirnya, ia pun berpesan pada mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang apapun harus terus dikembangkan agar diasah.

“Untuk rekan-rekan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM). Ayo kembangkan bakat kalian, teruslah asah kemampuan dan aktiflah dalam berbagai perlombaan untuk mendapatkan pengalaman dan mengukur kualitas yang dimiliki,” pesannya.

Hal serupa disampaikan pula oleh Taopik Hidayat, staf kemahasiswaan dan tim pengurus mahasiswa berprestasi UNM. Ia menyampaikan jangan sia-siakan kesempatan yang ada dan jangan takut untuk mencoba mengikuti berbagai perlombaan. 

“Rekan-rekan mahasiswa dapat mencontoh Achmad Subagja yang sejak 2021 sampai 2022, telah mencatat beberapa kali juara dalam perlombaan. Pada 2022, satu kali juara 1, dua kali juara 2, dan dua kali juara 3 dalam perlombaan fotografi tingkat Nasional,” paparnya.

Acara ini, tandasnya digelar pada 1 Maret sampai 3 April dan sukses menarik perhatian para generasi muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan tersebut.

“Semoga dengan cerita Achmad Subagja ini dapat menginspirasi rekan-rekan mahasiswa UNM lainnya agar dapat terus memacu bakat dan prestasinya. Dan dengan prestasi tersebut dapat mengharumkan nama kampus di tengah masyarakat baik tingkat nasional maupun internasional,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement