Selasa 05 Apr 2022 10:56 WIB

Musk Ambil 9 Persen Saham di Twitter

Aksi Musk itu memicu kenaikan lebih dari 27 persen harga saham Twitter.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
CEO Tesla Elon Musk. Elon Musk pada Senin (4/4/2022) mengungkapkan telah mengambil 9,2 persen saham di Twitter Inc senilai hampir 3 miliar dolar AS.
Foto: EPA-EFE/Patrick Pleul
CEO Tesla Elon Musk. Elon Musk pada Senin (4/4/2022) mengungkapkan telah mengambil 9,2 persen saham di Twitter Inc senilai hampir 3 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Bos Tesla Inc, Elon Musk pada Senin (4/4/2022) mengungkapkan telah mengambil 9,2 persen saham di Twitter Inc senilai hampir 3 miliar dolar AS. Langkah itu menjadikannya pemegang saham terbesar laman micro-blogging itu dan memicu kenaikan lebih dari 27 persen harga saham perusahaan tersebut.

Langkah Musk, terungkap dalam pelaporan kepada regulator, muncul setelah cuitannya bahwa ia memiliki pemikiran serius untuk membangun platform media sosial baru, sambil mempertanyakan komitmen Twitter untuk kebebasan berbicara. Dalam jajak pendapat Twitter pada Senin (4/4/2022), Musk bertanya kepada pengguna apakah mereka menginginkan tombol edit, setelah mengungkapkan sahamnya. Pada 1 April, Twitter mencuit sebuah pesan di akun resminya, mengatakan bahwa itu berfungsi pada tombol edit.

Baca Juga

Seorang pengguna Twitter yang produktif, Musk memiliki lebih dari 80 juta pengikut sejak bergabung pada 2009. Musk menggunakan platform tersebut untuk membuat beberapa pengumuman, termasuk menggoda kesepakatan go-private untuk Tesla.

Namun, akhir-akhir ini, orang terkaya di dunia itu mengkritik platform media sosial dan kebijakannya. Musk baru-baru ini menjalankan jajak pendapat Twitter yang menanyakan kepada pengguna apakah mereka percaya platform tersebut mematuhi prinsip kebebasan berbicara, yang lebih dari 70 persen memilih "tidak."

Laporan kepada regulator pada Senin (4/4/2022) menunjukkan Musk memiliki 73,5 juta saham Twitter, yang dipegang oleh Elon Musk Revocable Trust, di mana ia adalah satu-satunya wali amanat. Vanguard adalah pemegang saham terbesar kedua Twitter dengan 8,79 persen saham, menurut data Refinitiv.

Saham Twitter naik 27,1 persen pada Senin (4/4/2022) menjadi ditutup pada 49,97 dolar AS. Saham, yang telah jatuh 38 persen dalam 12 bulan terakhir hingga penutupan Jumat (1/4/2022), pada Senin (4/4/2022) menambahkan sebanyak 8,38 miliar dolar AS ke kapitalisasi pasarnya, yang sekarang mencapai 39,3 miliar dolar AS. Twitter tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang langkah Musk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement