Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Daop 7 Sediakan Delapan Perjalanan KA Tiap Hari Selama Lebaran 2022

Senin 04 Apr 2022 23:35 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Calon penumpang KA di Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur (ilustrasi)

Calon penumpang KA di Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO
Masa angkutan lebaran dimulai pada H-10 hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun, Jawa Timur, menyediakan delapan perjalanan kereta api jarak jauh setiap hari selama masa angkutan lebaran 2022. Masa angkutan ini akan dimulai pada H-10 hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Daop 7 Madiun selama angkutan Lebaran 2022 memprogramkan delapan perjalanan KA dari 4 KA jarak jauh per hari, dengan kapasitas yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 2.812 tempat duduk," ujar Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya di Madiun, Senin (4/4/2022).

Baca Juga

Keempat KA jarak jauh yang beroperasi pulang pergi di wilayah Daop Madiun tersebut adalah KA Singasari relasi Blitar-Pasar Senen, KA Brantas relasi Blitar-Pasar Senen, KA Kahuripan relasi Blitar-Kiara Condong, dan KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar Senen. "Dalam rangka menghadapi angkutan lebaran, kami telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia," tuturnya.

Menurutnya KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan terkait lainnya telah melaksanakan kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan standar pelayanan minimum di seluruh wilayah operasi kereta api. "Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api selama masa angkutan Lebaran 2022," katanya.

Untuk menyelenggarakan angkutan lebaran di masa pandemi Covid-19, lanjut dia, KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah, mulai sejak memasuki stasiun, penumpang akan dicek suhu tubuh dan disediakan penyanitasi tangan. Penumpang juga diwajibkan telah divaksin, baik vaksin dosis lengkap maupun dosis penguat.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran 2022 berlangsung pada H-10 sampai dengan H+10 lebaran atau mulai tanggal 22 April sampai dengan tanggal 13 Mei 2022. "Momen angkutan lebaran ini tentu dirindukan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Ixfan.

 

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA