Senin 04 Apr 2022 20:52 WIB

Predikat Kota Tertoleran Lepas, Ini Komentar Wali Kota Salatiga

Salatiga saat ini berada di peringkat ketiga.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Predikat Kota Tertoleran Lepas, Ini Komentar Wali Kota Salatiga (ilustrasi).
Foto: Pixabay
Predikat Kota Tertoleran Lepas, Ini Komentar Wali Kota Salatiga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SALATIGA -- Wali Kota Salatiga, H Yuliyanto mengaku tetap bersyukur kendati predikat kota tertoleran di Indonesia ‘lepas’. Salatiga, kini berada di peringkat ke-tiga setelah kota Singkawang dan Manado.

Berdasar laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2021 terbaru yang dirilis oleh Setara Institute, predikat kota tertoleran di Indonesia kini menjadi ‘milik’ Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga

“Namun yang patut disyukuri, Salatiga masih berada di peringkat tiga besar,” ungkapnya, saat dikonfimasi di Salatiga,Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (4/4).   

Yuliyanto mengakui, Salatiga saat ini memang berada di peringkat ketiga dan itu menjadi bagian dari dinamika dalam rangka mempertahankan predikat sebagai kota dengan nilai toleransi yang baik.

Untuk penilaian peringkat kota toleran –ukurannya-- sangat subyektif, sehingga sangat sulit untuk bisa diketahui secara pasti di mana letak kekurangannya.

Yang pasti, jelasnya, ada komponen indikator- indikator dan pembobotan penilaian sebagai kota toleran. Yakni rencana pembangunan bobotnya 10 persen, kebijakan diskriminatif (20 persen), peristiwa intoleransi (20 persen) dan dinamika masyarakat sipil (10 persen).

Selain itu juga pernyataan pejabat publik di pemerintah kota (10 persen), tindakan nyata pemerintah (15 persen), heterogenitas agama (5 persen) dan inklusi sosial keagamaan (10 persen).

“Semua berlangsung alamiah dan –tentu-- saya berterima kasih kepada segenap warga Salatiga yang sudah mau menjaga dan mengupayakan nilai- nilai toleransi tetap berjalan,” tambah Yuliyanto.

Maka, lanjutnya, yang lebih penting adalah terciptanya kerukunan dan toleransi masyarakat Salatiga dalam kehidupan sehari- hari.

Perbedaan yang ada bukan untuk dibeda- bedakan tapi dimaknai sebagai sebuah kekayaan yang dimiliki bangsa ini, saling menghargai dan menghormati.

“Demikian pula, kesadaran masyarakat untuk hidup rukun dan harmonis tetap dapat dijaga dan dirawat dengan baik di Salatiga,” tandasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan laporan Setara Institute peringkat pertama kota tertoleran di Indonesia than 2021 diberika kepada Singkawang yang memeroleh skor 6,48.

Berikutnya Manado dengan skor 6,400 dan melengkapi predikat tiga besar adalah Salatiga mendapat skor 6,367.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement