100 UKM Kuliner Siap Meriahkan Pusat Takjil Benteng Vastenburg Solo

Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Apr 2022 15:23 WIB

Warga berjalan di dekat tugu slogan Solo The Spirit of Java di kawasan wisata Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Senin (10/1/2022). Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Solo mencapai 1,5 juta orang selama tahun 2021 dan ditargetkan meningkat sebanyak 5 persen pada tahun 2022. 100 UKM Kuliner Siap Meriahkan Pusat Takjil Benteng Vastenburg Solo Foto: Antara/Maulana Surya Warga berjalan di dekat tugu slogan Solo The Spirit of Java di kawasan wisata Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Senin (10/1/2022). Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Solo mencapai 1,5 juta orang selama tahun 2021 dan ditargetkan meningkat sebanyak 5 persen pada tahun 2022. 100 UKM Kuliner Siap Meriahkan Pusat Takjil Benteng Vastenburg Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sebanyak 100 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sektor kuliner siap memeriahkan penyelenggaraan Pusat Takjil Benteng Vastenburg Solo pada 5-23 April 2022.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Surakarta Wahyu Kristina mengatakan sudah membuka pendaftaran secara terbuka melalui media sosial. "Ada proses pendaftaran biar tertib, bukan kami kurasi. Hanya agar tertib dan yang berjualan benar-benar warga Solo," katanya, Senin (4/4/2022).

Baca Juga

Ia juga meminta agar produk yang dijual merupakan makanan takjil siap saji. Dengan demikian, tidak ada proses memasak di lokasi tersebut.

"Tidak ada kompor, jadi datang bersih, pergi bersih. Namun, bisa makan di sana, modelnya seperti Manahan (klaster PKL Manahan), namun ditata di bagian dalamnya," kata Wahyu.

Ia mengatakan untuk para pedagang boleh berjualan mulai dari pukul 15.00-18.30 WIB. Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan Pemkot Surakarta menyediakan tempat untuk ngabuburit.

"Namun saya sarankan tidak buka bersama. Untuk yang berjualan takjil dikumpulkan di Benteng Vastenburg, namun di kawasan Manahan masih ada, tenang aja," katanya.

Ketua Panitia Semarak Kampung Ramadhan Sunarto mengatakan keberadaan Pusat Takjil di halaman Benteng Vastenburg untuk memeriahkan Festival Semarak Ramadhan. Selain pusat takjil, ada kegiatan tarawih dan tadarus di Balai Kota Surakarta.

"Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh kelompok kesenian islami dari berbagai kelurahan di Solo," katanya.