7 Tanda Bahaya yang Perlu Diketahui Ibu Hamil Saat Berpuasa

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Senin 04 Apr 2022 15:18 WIB

Ibu hamil (Ilustrasi). Ibu hamil perlu mewaspadai tanda-tanda bahaya yang muncul ketika sedang berpuasa. Foto: Pixabay Ibu hamil (Ilustrasi). Ibu hamil perlu mewaspadai tanda-tanda bahaya yang muncul ketika sedang berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu hamil perlu bersikap bijak bila memutuskan untuk berpuasa di bulan suci Ramadhan. Sikap bijak ini bisa diwujudkan melalui persiapan yang baik dan mengetahui batas kemampuan diri saat berpuasa dengan mengenali tanda-tanda bahaya.

Persiapan berpuasa untuk ibu hamil bisa dilakukan dengan cara menjaga kecukupan asupan cairan. Ibu hamil disarankan untuk minum setidaknya 2,5 liter air per hari. Asupan cairan ini perlu dioptimalkan di waktu berbuka hingga sahur.

Baca Juga

Persiapan lain yang juga perlu dilakukan adalah tidak melewatkan sahur. Secara umum, ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dan protein. Asupan protein dapat membantu menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan.

Konsumsi kafein juga perlu dihindari karena dapat meningkatkan keinginan untuk berkemih. Hal ini bisa memicu terjadinya dehidrasi.

"Jangan makan makanan yang terlalu manis," jelas dokter spesialis kebidanan dan kandungan Bamed dr Muhammad Fadli SpOG, dalam virtual media briefing, dikutip Senin (4/4/2022).

Persiapan lain yang dianjurkan dr Fadli adalah menghindari stres. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi, dr Fadli juga menganjurkan ibu hamil untuk beraktivitas di rumah saja.