Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Ini Saran Rangnick untuk Para Petinggi MU Agar Klub Bisa Sejajar Man City dan Liverpool

Senin 04 Apr 2022 09:15 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih sementara Manchester United (MU) Ralf Rangnick.

Pelatih sementara Manchester United (MU) Ralf Rangnick.

Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Pelatih baru MU harus diberi waktu untuk berkreasi dan kewenangan merombak skuad.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Tugas Ralf Rangnick sebagai pelatih Manchester United (MU) hanya sampai Juni 2022. Setelahnya ia berperan sebagai konsultan klub.

MU mulai mewawancarai para kandidat. Itu termasuk juru taktik Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, dan arsitek tim Paris Saint-Germain (PSG), Mauricio Pochettino. Terkait hal ini, Rangnick memberi masukan pada para petinggi the Red Devils.

Baca Juga

Menurutnya, siapa pun pelatih berikutnya, harus diberi waktu untuk berkreasi dan kewenangan merombak skuad. Sehingga bisa segera bersaing dengan Manchester City dan Liverpool. Ia merekomendasikan klubnya untuk lebih aktif bergerilya di pasar transfer.

MU, lanjut Rangnick, tidak kekurangan pemain yang mempunyai keunggulan di sisi teknis. Oleh karenanya, Man United perlu lebih banyak mendatangkan jugador anyar yang juga kuat secara fisik. Terpenting, jelas dia, MU tak boleh lagi membuat kesalahan dalam pengambilan keputusan.

"Dibutuhkan keputusan tepat, ke mana Anda ingin pergi, pemain seperti apa, dan pelatih seperti apa. Kemudian di setiap jendela transfer, Anda mencoba mendapatkan yang terbaik," kata tokoh berkebangsaan Jerman ini dikutip dari ESPN, Senin (4/4/2022).

Ia menegaskan, sarannya tak bisa ditawar. Klub harus melakukannya. Jika sudah begitu, Man United tak perlu menunggu lama untuk sejajar dengan para jawara saat ini.

"Ini harus dilakukan, dan jika itu terjadi, tidak perlu tiga atau empat tahun. Mungkin dua atau tiga bursa transfer, maka situasi bisa berbeda," ujar Rangnick.

Ia melihat kematangan di tubuh Man City dan the Reds tidak terjadi dalam semalam. Kedua tim menumpuk pemain berkelas dalam lima atau enam tahun. Pemain-pemain yang sesuai dengan pendekatan juru taktik Pep Guardiola dan Juergen Klopp.

Kini, dua elite Inggris itu menikmati hasilnya. Siapa pun yang tampil, bisa berlaga sesuai sistem. Man City dan Liverpool merajai kompetisi Negeri Ratu Elizabeth dan trengginas di Eropa.

Rangnick menegaskan, ini yang perlu dilakukan Man United. Pelatih yang baru juga harus memiliki pendekatan jelas. Kemudian perlu dicari kesamaan visi antara klub dan juru taktik tersebut. "Bagaimana dia ingin bermain, dan pemain seperti apa yang dibutuhkan untuk itu. Kemudian kami kembali ke DNA, kecepatan, fisik, tempo," ujarnya.

Ten Hag berada di posisi terdepan calon pelatih the Red Devils musim depan. Sementara, Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan sedang bersaing dengan Arsenal dan Tottenham Hotspur guna menembus zona top four.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA