Senin 04 Apr 2022 08:30 WIB

Louis van Gaal Berjuang Melawan Kanker Prostat

Sebelumnya, Van Gaal memilih tak memberitahukan soal kondisinya pada para pemain.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih legendaris asal Belanda, Louis van Gaal. Louis van Gaal telah mengkonfirmasi bahwa ia sedang berjuang melawan kanker prostat.
Foto: REUTERS/John Sibley
Pelatih legendaris asal Belanda, Louis van Gaal. Louis van Gaal telah mengkonfirmasi bahwa ia sedang berjuang melawan kanker prostat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pelatih Barcelona Louis van Gaal telah mengkonfirmasi bahwa ia sedang berjuang melawan kanker prostat. Pelatih veteran yang saat ini bertanggung jawab atas tim nasional Belanda itu memberikan kabar tentang kesehatannya selama wawancara langsung di televisi Belanda, Ahad (3/4/2022).

Pria berusia 70 tahun itu menambahkan bahwa ia memilih untuk tidak memberi tahu skuad La Oranje tentang kunjungannya ke rumah sakit selama kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk menghindari kemungkinan dampak buruk pada persiapan timnya.

"Saya tidak ingin memberi tahu pemain saya karena itu bisa memengaruhi penampilan mereka," kata Van Gaal dikutip dari BBC Sport, Senin (4/4/2022). "Dalam setiap periode waktu saya sebagai pelatih tim nasional, saya harus pergi pada malam hari untuk ke rumah sakit, tanpa para pemain mengetahuinya sampai sekarang. Sambil berpikir saya sehat, tapi ternyata tidak."

Pengumuman Van Gaal datang menyusul konfirmasi lawan penyisihan grup timnas Belanda untuk turnamen Piala Dunia 2022 di Qatar. Belanda akan menghadapi tuan rumah Qatar, bersama juara Afrika Senegal, dan Ekuador di Grup A, akhir tahun ini.

Van Gaal tidak memberikan indikasi rencananya setelah Piala Dunia. Kontraknya saat ini akan berakhir pada Desember 2022 setelah final Piala Dunia.

Setelah memenangkan tiga gelar Eredivisie Belanda berturut-turut bersama Ajax dari tahun 1994 hingga 1996, ditambah Liga Champions pada tahun 1996, Van Gaal bergabung dengan Barcelona sebagai pengganti Sir Bobby Robson pada tahun 1997. Ia memenangkan dua gelar La Liga Spanyol dan satu Copa del Rey dalam dua musim pertamanya di Spanyol.

Van Gaal kembali ke Camp Nou selama tujuh bulan pada 2002.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement