Senin 04 Apr 2022 04:30 WIB

Puasa tak Halangi Performa Para Bintang Eropa Ini untuk Gemilang di Lapangan

Klub-klub Inggris secara teratur meminta bimbingan dari Muslim Chaplains in Sport.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Leicester Wesley Fofana. Ia adalah salah satu pemain muslim yang tetap berpuasa di tengah pertandingan pada bulan Ramadhan ini.
Foto: AP Photo/Rui Vieira, Pool
Pemain Leicester Wesley Fofana. Ia adalah salah satu pemain muslim yang tetap berpuasa di tengah pertandingan pada bulan Ramadhan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Berlangsungnya kompetisi di liga-liga top Eropa tak menyurutkan sejumlah pemain Muslim untuk melaksanakan kewajiban melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Mereka tetap bertahan dengan puasanya kendati harus menjalani latihan ketat dan kerasnya pertandingan.

Bek Leicester City,nWesley Fofana, di antara sekian pesepakbola Muslim yang tetap menjalankan puasa meski harus sedang melakoni pertandingan. Fofana tampil apik sebagai starter ketika Leicester menahan imbang 1-1 Manchester United dalam pertandingan Liga Primer Inggris, di Stadion Old Trafford, Ahad (3/4/2022) malam WIB.

Baca Juga

Pelatih Leicester City Brendan Rodgers sempat ragu untuk menurunkan Fofana di laga penting tersebut karena sedang berpuasa. Tetapi keputusan Rodgers memasang Fofana sebagai starter berbuah manis karena pertahanan mereka cukup kokoh untuk ditembus Bruno Fernandes dan kawan-kawannya.

Rodgers pun  memuji Fofana yang tampil bagus di lini belakang tim kendati dia tengah berpuasa. Di saat bersaman Rodgers juga senang melihat Fofana dan John Evans tampil bersama untuk pertama kalinya sejak Mei.

"Wesley, saya harus mengatakan, saya setengah mengharapkan dia tak bermain karena dia memulai Ramadhan hari ini. Dia belum makan, belum minum apa pun, jadi untuk menampilkan daya tahan itu menunjukkan kekuatan mentalnya,” ujar Rodgers sesudah pertandingan dilansir dari laman resmi klub.

Ada banyak pemain muslim yang bermain di Liga Primer Inggris. Selain Fofana, di kubu Manchester United ada Paul Pogba. Pemain internasional Prancis tersebut salah satu pemain Liga Primer Inggris yang cukup taat dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim, termasuk berpuasa.

Dua bintang Liverpool Mohamed Salah dan Sadio Mane juga pemain muslim yang taat dalam urusan kewajiban perintah agama. Meskipun tak selalu mengumbar tentang niatnya apakah akan tetap berpuasa atau memilih tak menjalankannya ketika pertandingan, mereka dikenal sebagai pemain yang taat dalam menjalankan puasa ramadhan.

Dikutip dari Mirror, Ahad (3/4/1012), pelatih Liverpool Jurgen Klopp sebelumnya mengatakan, agama bersifat pribadi. Namun Klopp yakin mereka akan selalu memastikan bahwa puasa tak akan memengaruhi performa mereka menjadi menurun.

Liga Primer Inggris sadar bahwa pemainnya yang beragama Islam juga harus mendapatkan perhatian ketika memasuki bulan ramadhan. Mereka tak bisa dengan bebas melarang pemainnya tidak menjalankan kewajiban ibadah tersebut. Oleh karena itu, klub-klub Liga Primer Inggris secara teratur meminta bimbingan dari Muslim Chaplains in Sport (MCS) yang dibentuk pada 2014.

Organisasi ini didukung dan didanai oleh Liga Premier dan EFL. Organisasi tersebut telah bekerja di 92 klub profesional Inggris untuk menyampaikan kuliah dan seminar pendidikan.

Direktur Pelaksana MCS Ismail Bhamji kepada BBC Sport mengatakan, meskipun tak ada aturan dalam Islam khusus atlet, organisasinya memberikan saran tentang bagaimana pemain dapat menjaga puasa serta mendiskusikan tentang syarat-syarat mereka diperbolehkan tidak berpuasa seperti karena bepergian dan sakit.

"Pesepak bola muslim datang dari berbagai latar belakang dan kami harus menemukan solusi yang akan berhasil bagi semua untuk mempraktikkan keyakinan mereka,” katanya.

Di La Liga beberapa bintangnya juga merupalan muslim yang cukup taat. Striker Real Madrid Karim Benzema salah pemain muslim yang merupakan pemain penting bagi Real Madrid. Dia bahkan mencetak dua gol kemenangan Madrid 2-1 atas tuan rumah Celta Vigo dalam pertandingan La Liga kemarin.

Di Liga Italia Serie A pun tak kalah banyaknya yang beragama Islam. Di bulan puasa mereka juga tetap menjalankan puasa. Gelandang Inter Milan asal Turki, Hakan Calhanoglu merupakan pemain yang cukup taat dalam menjalankan ibadah puasa. Edin Dzeko dan Samir Handanovic beberapa pemain Serie A Italia lainnya yang cukup taat dalam menjalankan ibadah puasa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement