Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Spalletti Akui Napoli Kini Jauh Lebih Stabil

Senin 04 Apr 2022 01:13 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

 Pelatih kepala SCC Napoli Luciano Spalletti.

Pelatih kepala SCC Napoli Luciano Spalletti.

Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Napoli dan AC Milan saat ini mempunyai skor sama di tabel klasemen.

REPUBLIKA.CO.ID, BERGAMO -- Napoli berhasil membukukan kemenangan ketiga secara beruntun usai membungkam Atalanta, 3-1, pada giornata ke-30 Serie A, Ahad (3/4/2022) malam WIB. Tambahan tiga angka di laga ini sekaligus membawa I Partenopei menyamai raihan poin AC Milan, yang tengah memimpin klasemen sementara Serie A.

Baik Napoli dan Milan sama-sama telah mengemas 66 poin. I Rossoneri masih berhak menyandang status sebagai capolista atau pemuncak klasemen sementara lantaran unggul head to head atas Napoli.

Milan pun baru melakoni laga pada giornata ke-31 saat menghadapi Bologna, Selasa (6/4/2022) dini hari WIB. Kendati begitu, keberhasilan menempel raihan poin I Rossoneri memberikan optimisme tersendiri buat I Partenopei.

Terlebih, Lorenzo Insigne dan kawan-kawan berhasil menorehkan tiga kemenangan beruntun di pentas Serie A usai dibekap Milan, 0-1, awal bulan ini. Rentetan kemenangan ini sekaligus menjadi penanda kembalinya Napoli dalam perburuan Scudetto usai terseok-seok pada akhir tahun lalu, tepatnya saat hanya mampu memetik dua kemenangan dari sembilan laga.

Pelatih Napoli, Luciano Spalletti, pun mengakui perkembangan positif dari performa anak-anak asuhnya. ''Kami tidak boleh lagi menurunkan kewaspadaan kami. Saat ini, kami jauh lebih stabil. Kami tidak boleh lupa kekalahan di kandang itu (dari Milan) itu. Sehingga, kami bisa memastikan hal itu tidak terjadi lagi,'' kata pelatih Napoli, Luciano Spalletti, seperti dilansir Football Italia, Senin (4/4/2022) dini hari WIB.

Melawat ke markas Atalanta, Napoli mampu unggul terlebih dahulu via gol tendangan penalti dari Lorenzo Insigne. Bahkan pada penghuju babak pertama, I Partenopei bisa menggandakan keunggulan lewat gol Matteo Politano.

Namun, bukan berarti Napoli tidak mendapatkan perlawanan. Tim tuan rumah mampu membalas pada awal babak kedua. Tandukan Marten de Roon usai menyambar umpan Aleksey Miranchuk merobek gawang tim tamu.

Napoli akhirnya benar-benar memastikan menjadi tim terbaik di laga ini. Sebuah serangan balik cepat diselesaikan oleh Elif Elmas pada menit ke-81.

Spalletti menyebut, anak-anak asuhnya menunjukan mentalitas bertanding yang tepat di laga ini. Mantan pelatih Inter Milan itu berharap, anak-anak asuhnya bisa terus mempertahankan momentum kemenangan ini untuk tetap bertahan dalam perebutan Scudetto musim ini.

''Menghadapi Atalanta, Anda tidak cukup meraih kemenangan dengan keunggulan satu gol. Anda harus bisa menceta gol ketiga. Para pemain menunjukan karakter dan mentalitas yang tepat. Untuk bisa finish di posisi tertinggi, kami tidak boleh berhenti. Kami harus bisa mencari cara untuk meraih kemenangan di setiap laga,'' kata eks pelatih AS Roma tersebut. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA