Senin 04 Apr 2022 03:43 WIB

Pemkab Aceh Barat Pastikan Stok Daging Aman Selama Ramadhan

Prosesi penyembelihan hewan ternak di Aceh Barat dilakukan sesuai SOP yang berlaku.

Seorang pedagang menyiapkan daging sapi untuk dijual di pasar tradisional di Banda Aceh, Indonesia
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Seorang pedagang menyiapkan daging sapi untuk dijual di pasar tradisional di Banda Aceh, Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memastikan stok daging segar berupa unggas, sapi, kerbau dan kambing aman dan mencukupi selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. "Insya Allah, semua stok daging aman, tidak ada kendala," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Danil Adrial di Meulaboh, Ahad (3/4/2022).

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki, jumlah ketersediaan ternak menjelang Ramadhan tahun ini terdiri atas sapi jantan sebanyak 534 ekor dan kerbau jantan 1.300 ekor. Sedangkan, jumlah ternak kambing yang tersedia sebanyak 832 ekor dan ayam yang tersedia di Kabupaten Aceh Barat mencapai 31.227 ekor.

Baca Juga

Danil menambahkan prosesi penyembelihan hewan ternak di Kabupaten Aceh Barat tetap dilakukan sesuai dengan standar operasional yang berlaku yaitu dengan menerapkan sistem Keur Master. Artinya, setiap hewan ternak yang akan disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Aceh Barat, harus melalui proses Keur Master.

Proses keur master yakni dilakukan pemeriksaan kondisi hewan ternak oleh tenaga kesehatan hewan yang bertugas memeriksa dan menentukan kualitas daging setelah disembelih. Sehingga, masyarakat dapat mengonsumsi daging yang aman, sehat dan utuh (ASUH), demikian Danil.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement