Hafalan Alquran Sedikit tapi Ingin Panjangkan Sholat Tarawih, Lakukan Ini

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 04 Apr 2022 00:15 WIB

Ilustrasi. Hafalan Alquran Sedikit tapi Ingin Panjangkan Sholat Tarawih, Lakukan Ini Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie Ilustrasi. Hafalan Alquran Sedikit tapi Ingin Panjangkan Sholat Tarawih, Lakukan Ini

memanjangkan durasi sholat tarawih untuk menghidupkan malam Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Muslim tentu memiliki keinginan memanjangkan durasi sholat sunnah tarawih selama bulan suci Ramadhan. Tujuannya adalah menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah.

Namun, sebagian Muslim memiliki keterbatasan hafalan Alquran kesulitan memperlama sholat tarawihnya. Dalam kondisi demikian, apa yang harus dilakukan? Dia bisa melaksanakan sholat tarawih dengan membuka mushaf Alquran pada setiap rakaat.

Baca Juga

Karenanya, sebagaimana dilansir laman Masrawy, membaca ayat-ayat suci Alquran dengan melihat mushaf ketika melaksanakan sholat sunnah, termasuk sholat tarawih, dibolehkan. Lantas bagaimana dengan sholat wajib? Apakah boleh membaca Alquran dengan mushaf saat menunaikan sholat wajib?

Imam Malik, Imam Ahmad dan Imam Syafi'i berpendapat perbuatan tersebut hukumnya makruh walaupun sholat itu tetap sah. Namun, Imam Abu Hanifah berpendapat sholat itu tidak sah karena pembacaan Alquran dengan mushaf itu seperti mendengar dan menerima bacaan tersebut dari orang lain. Karenanya, jika sholat itu dikerjakan dengan membaca Alquran melalui mushaf, maka sholatnya batal.

Adapun kalangan yang membolehkan sholat sembari membuka mushaf, itu merujuk pada Dzakwan, budak yang dimerdekakan Aisyah RA. Dzakwan biasa memimpin Aisyah dalam sholat yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan. Dalam sholat, Dzakwan membaca Alquran sambil melihat mushaf.

Al-Zuhri pernah ditanya tentang seorang pria yang sholat di bulan Ramadhan dan dalam sholatnya membaca Alquran sambil melihat mushaf. Lalu dia berkata, "Orang-orang terbaik di antara kami biasa membaca Alquran sambil melihat mushaf saat sholat."

Adapun kalangan yang melarang membaca Alquran dengan membuka mushaf dalam ibadah sholat, didasarkan pada perkataan Ibnu Abbas yang menyampaikan bahwa Amirul Mukminin melarang untuk mengimami orang-orang sambil melihat mushaf. Tetapi ini dibolehkan dengan syarat salah satunya dilakukan oleh orang yang tidak hafal Alquran dan hanya untuk sholat sunnah.

Link artikel asli

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X