Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

4 Masalah Kesehatan Mata yang Dipicu Asap Rokok

Ahad 03 Apr 2022 21:58 WIB

Red: Nora Azizah

Efek buruk dari asap rokok tidak hanya memicu kanker tetapi juga masalah mata.

Efek buruk dari asap rokok tidak hanya memicu kanker tetapi juga masalah mata.

Foto: www.freepik.com.
Efek buruk dari asap rokok tidak hanya memicu kanker tetapi juga masalah mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Efek buruk dari merokok bagi kesehatan tubuh sudah sering dikampanyekan seperti kanker, penyakit pernapasan, kardiovaskular termasuk juga mempengaruhi mata bahkan bisa menyebabkan hilangnya penglihatan. Dr Aaradhana Reddy Vitreo, Ahli Bedah Retina dari Rumah Sakit Mata Sadhuram, Hyderabad, India mengatakan hanya sedikit orang yang menyadari bahwa merokok mampu mempengaruhi kesehatan mata dan yang terparahdapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Dr Vitreo menjelaskan, racun yang ada dalam asap rokok pada akhirnya masuk ke aliran darah yang didistribusikan ke seluruh tubuh termasuk mata. Hal ini dapat menyebabkan berbagai jenis masalah mata seperti mata kering, katarak, retinopati diabetik, degenerasi makula terkait usia, dan masalah saraf optik. Sebagian besar kasus tersebut juga dapat menyebabkan kebutaan permanen jika tindakan yang memadai tidak diambil tepat waktu.

Baca Juga

"Selain itu, asap tembakau juga dapat mempengaruhi jaringan di sekitar mata yang menyebabkan gangguan pada kelopak mata dan bengkak di bawah mata," kata Dr Vitreo dilansir dari Indian Express pada Ahad (3/4/2022).

 

Asap tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia berbahaya, beberapa di antaranya dapat sangat merusak kesehatan mata. Berikut beberapa gangguan mata yang bisa diakibatkan oleh rokok

 

Mata kering

Mata kering terjadi ketika jumlah air mata tidak dapat diproduksi oleh mata untuk melumasi permukaan mata. Gejala mata kering biasanya termasuk kemerahan, perasaan berpasir, ketidaknyamanan umum, dan perih.Asap tembakau merupakan kontributor utama mata kering karena dapat memecah lapisan lipid dari film air mata. 

 

Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD)

AMD dimulai dengan hilangnya penglihatan sentral yang menyulitkan seseorang untuk melihat detail halus dan membaca. Seiring berjalannya waktu, kehilangan penglihatan akan meningkat pesat. 

Di antara dua jenis AMD (kering dan basah), AMD kering cukup umum terjadi. Dalam kasus AMD kering, timbunan lemak mulai berkumpul di bawah sel penginderaan cahaya di bagian belakang mata (retina). 

Pada AMD kering, kehilangan penglihatan biasanya memburuk secara bertahap. Ketika datang ke AMD basah, pembuluh darah kecil di bawah retina pecah atau bocor. Ini mengubah penglihatan dan menyebabkan jaringan parut terbentuk.

 

Katarak

Merokok meningkatkan risiko katarak pada usia berapa pun. Katarak dapat didefinisikan sebagai kekeruhan pada lensa mata yang jernih secara alami. Katarak biasanya memburuk ketika orang bertambah tua. Muncul sebagian besar pada orang tua dan mereka yang merokok, katarak dapat menyebabkan penglihatan buram dan kabur yang dapat diperbaiki dengan operasi.

 

Glaukoma

Glaukoma adalah sekelompok penyakit mata yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata. Peningkatan tekanan biasanya disebabkan oleh penumpukan cairan berlebih di dalam mata.

Perhatian utama dengan peningkatan tekanan adalah kerusakan saraf optik, yang merupakan satu-satunya hubungan antara otak dan mata. Sebuah penelitian pada tahun 2018, menemukan bahwa semakin banyak rokok yang dihisap oleh perokok biasa, semakin besar kemungkinan terkena glaukoma.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA