Ahad 03 Apr 2022 23:06 WIB

Ratusan Jasad Ditemukan di Jalanan Kota-Kota Ukraina

Serangan Rusia ke Ukraina sudah berjalan lima pekan lamanya.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Indira Rezkisari
Sebuah foto selebaran yang dirilis oleh layanan pers Layanan Darurat Negara Ukraina pada 30 Maret 2022 menunjukkan layanan darurat melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di gedung administrasi negara regional yang rusak di Mykolaiv, Ukraina.
Foto: EPA-EFE/STATE EMERGENCY SERVICE UKRAINE X
Sebuah foto selebaran yang dirilis oleh layanan pers Layanan Darurat Negara Ukraina pada 30 Maret 2022 menunjukkan layanan darurat melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di gedung administrasi negara regional yang rusak di Mykolaiv, Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Ratusan jasad warga sipil ditemukan di jalan-jalan kota sekeliling Kiev yang dibebaskan. Ukraina sebelumnya mengatakan, pasukannya berhasil merebut kembali seluruh wilayah di sekitar Kiev.

Wali kota sebuah kota yang dibebaskan, yaitu Bucha, Anatoliy Fedoruk mengatakan, 300 penduduk telah tewas sejak lima pekan Rusia menginvasi Ukraina. Para korban terlihat dikubur di kuburan massal dan masih banyak yang tergeletak terabaikan di jalanan.

Baca Juga

Bucha adalah sebuah kota tetangga Irpin yang hanya berjarak 37 kilometer barat laut ibu kota. Di sana, wartawan Reuters melihat jasad tergeletak di jalan-jalan dan tangan dan kaki beberapa mayat menyembul dari kuburan yang masih terbuka di halaman gereja.

Setelah lebih dari lima pekan pertempuran, Rusia telah menarik kembali pasukan yang telah mengancam Kiev dari utara berkumpul kembali untuk pertempuran di Ukraina timur. "Seluruh wilayah Kiev dibebaskan dari penjajah," tulis Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malyar di Facebook. Tidak ada komentar Rusia atas klaim tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiyy memperingatkan dalam sebuah pidato video: "Mereka menambang semua wilayah ini. Rumah-rumah ditambang, peralatan ditambang, bahkan mayat orang-orang mati." Dia tidak menyebutkan bukti.

Layanan darurat Ukraina mengatakan lebih dari 1.500 bahan peledak telah ditemukan dalam satu hari selama pencarian di desa Dmytrivka, sebelah barat ibu kota. Kementerian pertahanan Rusia tidak menjawab permintaan komentar atas tuduhan penambangan tersebut. Reuters tidak dapat memverifikasinya secara independen. Moskow membantah menargetkan warga sipil dan menolak tuduhan kejahatan perang.

Banyak penduduk menangis dan mengutuk orang Rusia yang telah pergi. Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan dia terkejut dengan kekejaman di Bucha dan menyuarakan dukungan untuk penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional atas potensi kejahatan perang.

Rusia mengatakan penarikan pasukannya di dekat Kiev adalah isyarat niat baik dalam pembicaraan damai. Ukraina dan sekutunya mengatakan Rusia terpaksa mengalihkan fokusnya ke Ukraina timur setelah menderita kerugian besar.

Kedua belah pihak perundingan damai pekan lalu di Turki masih alot dan sulit. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Sabtu (2/4/2022) bahwa yang utama adalah pembicaraan berlanjut, baik di Istanbul atau di tempat lain.

Putaran baru pembicaraan belum diumumkan. Namun juru runding Ukraina David Arakhamia mengatakan pada Sabtu bahwa kemajuan yang cukup telah dibuat untuk memungkinkan pembicaraan langsung antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Zelenskiy. "Pihak Rusia mengkonfirmasi tesis kami bahwa rancangan dokumen telah cukup dikembangkan untuk memungkinkan konsultasi langsung antara para pemimpin kedua negara," kata Arakhamia. Rusia belum mengomentari kemungkinan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement