Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Anies: Alhamdulillah, Suasana Malam Ramadhan Kembali Hidup

Ahad 03 Apr 2022 13:51 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus Yulianto

Umat muslim melaksanakan ibadah shalat jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan pelaksanaan ibadah ramadhan dilakukan di masjid dengan menaati protokol kesehatan.

Umat muslim melaksanakan ibadah shalat jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan pelaksanaan ibadah ramadhan dilakukan di masjid dengan menaati protokol kesehatan.

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Pada Ramadhan kali ini jamaah kembali memenuhi masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersyukur, Ramadhan kali ini beranjak normal kembali seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19. Menurutnya, hal itu terbukti dari diperbolehkannya jamaah beribadah di masjid, langgar, mushola atau tajuk seperti bulan suci pada umumnya.

“Alhamdulillah, Ramadhan kali ini jamaah kembali memenuhi masjid. Suasana Ramadhan di malam hari kembali hidup,” kata Anies dalam akun resmi Instagramnya, dikutip Ahad (3/4).

Di berbagai masjid, katanya, tarawih anak-anak kembali diwarnai dengan keriuhan dan kesenangan bermain. Dia bersyukur, malam Ramadhan kembali diwarnai keriangan anak-anak yang bermain sembari ibadah.

“Itu semua mengingatkan kita atas masa kecil dulu,” jelas dia.

Dia membandingkan, ibadah Ramadhan tahun ini dengan dua tahun terakhir yang selalu sunyi. Terlebih, saat Ramadhan kali ini dinilai Anies memancarkan kembali kehidupan dan keceriaan Ramadhan.

“Sekali lagi, selamat puasa, Insya Allah Ramadhan ini membawa kita meraih derajat muttaqin,” tuturnya.

Mantan Mendikbud itu menganjurkan, umat Muslim untuk melaksanakan ibadah Ramadhan seperti seharusnya. Menurut dia, Ramadhan kali ini berbeda dengan tahun lalu dengan segala pembatasannya.

“Saya menganjurkan kepada semua untuk kembali melaksanakan aktivitas bulan suci Ramadhan berbeda dengan tahun lalu,” kata Anies

Dia menambahkan, anjuran itu juga sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dan Satgas Pusat karena pandemi yang lebih terkendali. Terlebih, saat vaksinasi di Jakarta, juga dinilainya menjangkau semua pihak.

“Himbauan itu dilaksanakan. Kemudian saya ingin sampaikan selamat melaksanakan ibadah bulan suci Ramadhan kepada seluruh masyarakat di Jakarta,” jelasnya.

Dengan adanya pandemi yang melandai dan vaksinasi yang menyeluruh, dia mengatakan, ibadah tarawih juga kembali bisa dilakukan di masjid. Meski berjalan lagi seperti seharusnya, Anies mengklaim, keselamatan umat bisa terjaga.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA