Ahad 03 Apr 2022 12:40 WIB

Ramadhan Mementum Pemerataan Kesejahteraan

Ramadhan momentum untuk berzakat

Rep: rilis KB PII/ Red: Muhammad Subarkah
Aktvitas pengumpulan zakat Lazizku.
Foto: KB PII
Aktvitas pengumpulan zakat Lazizku.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Kemandirian Umat (LAZISKU) mengimbau semua pihak menggunakan momentum Ramadhan sebagai wahana untuk melaksanakan gerakan pemerataan kesejahteraan. 

"Kita sudah mengalami tempaan krisis, baik karena pandemi maupun krisis ekonomi. Dua peristiwa tersebut cukup untuk menyadarkan sisi kemanusiaan kita," kata Direktur Eksekusif Lazisku As'ad Nugroho, Sabtu (3/4/2022).

As'ad mengungkapkan pandemi Covid-19 memberi imbas krisis ekonomi dan meningkatkan kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan orang miskin. 

Lembaga Riset Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) memprediksikan tingkat kemiskinan Indonesia pada 2022 berpotensi melonjak menjadi 10,81 persen atau setara 29,3 juta penduduk. Tentu saja hal ini harus dicegah, dengan berbagai cara.

"Momentum Ramadhan penting untuk menghidupkan gerakan zakat infak dan shadaqah untuk menjembatani jurang antara mereka yang berkecukupan dan yang miskin," tambah As'ad.

Data dari BPS mencatat bahwa pandemi yang terjadi sejak awal 2020 telah membuat perekonomian Indonesia pada tahun 2020 anjlok. Produk Domestik Bruto (PDB) yang tercatat tumbuh minus, yaitu -2,07% pada 2020. Pada tahun 2019 PDB masih tumbuh hingga 5,02%. Sedangkan pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi membaik, sebesar 3,69%, meskipun angka ini tidak mencapai target pemerintah sebesar 4%.

As'ad juga mengimbau semua pihak untuk menjadikan Ramadhan untuk refleksi penting nya kebersamaan dalam mengatasi persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan. Pemerintah sendiri mengakui bahwa persoalan pandemi ini, termasuk dalam aspek ekonomi, tidak dapat ditangani pemerintah saja, tanpa keterlibatan seluruh elemen masyarakat.

LAZISKU sebagai bagian dari elemen masyarakat yang bergerak untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi umat, memilih untuk tidak berdiam diri dan membiarkan kemiskinan menjadi semakin buruk. Dengan berbagai program kemanusiaan dan pemberdayaan ekonomi, LAZISKU mengajak umat Islam dan seluruh elemen bangsa untuk berkontribusi dalam gerakan kemandirian ekonomi ini. 

"Masalah kemiskinan dan kesejahteraan tidak mungkin diselesaikan oleh negara saja. Civil Society seperti lembaga zakat sangat penting mengambil peran dalam pemberantasan kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement